Migrasi sistem pasti ribet

Karena migrasi sistem = install sistem baru + import data dari sistem lama + hal lain yg tidak terduga.

Dari rumusan di atas juga sudah terlihat, migrasi pasti lebih ribet dari ngebangun sistem baru yang benar-benar independent tidak bergantung pada sistem sebelumnya.

Dan celakanya, pada umumnya orang sudah tahu kalau migrasi dari sistem lama ke sistem baru itu susah. Akibatnya, sejelek apapun sistem yang sedang berjalan, orang lebih suka memperbaiki sistem tersebut (walaupun dengan cara tambal sulam), yang akibatnya sistem jadi semakin semrawut, susah dimengerti, ribet bin belibet lah.

Banyak juga orang yang berpendapat, If They Ain’t Broke Dont Fix-Em. Ya, gw juga setuju. Kalau sistemnya nggak apa-apa, ngapain dibenerin. Tapi kadang orang suka mengambil kesimpulan terburu-buru, misalnya “sistem gw dari dulu s.d sekarang berjalan dengan baik kok. Yah, walaupun kadang-kadang agak sedikit error dan lambat.”

Nah itu dia! Kata kadang-kadang dan sedikit, itu parameter yang absurd. Nggak bisa diukur. Kadang-kadang tuh seberapa sering, setiap hari error, seminggu sekali error atau sebulan sekali error. Lambat tuh, setiap melakukan satu proses menghabiskan waktu 5 menit atau 5 jam.

Itulah pentingnya logging. Catet semua event yang berhubungan dengan sistem kita. Bisa itu error, downtime, ada perubahan dll. Dengan log book yang kita punya ini, bisa mempermudah dan membuat kita mengambil kesimpulan yang benar tentang sistem kita tersebut. Tapi masalahnya log book = pekerjaan tambahan, dan itu bisa bermasalah kalau si pengelola sistemnya males.

Lalu ngapain gw nulis kayak beginian? Hehehe, tulisan di atas sebetulnya ditujukan tepat ke arah penulisnya. Gw tahu migrasi mailserver ini ribet bin belibet, makanya ditunda-tunda. Sudah tahu susah, malah nggak dikerjain-kerjain. Sekarang baru kerasa, dikejar dalam seminggu full, masih belum selesai juga.

Tapi alhamdulillah hari ini lebih dari 90% pekerjaan sudah selesai (jangan tanya angka 90% itu dari mana, hehehe). Dan sebetulnya gw pingin banget ngelakuin live test hari ini, tapi berhubung ada data-data yang bersifat pribadi yang perlu gw akses (dan gw belum ijin ke pemiliknya) jadi gw tangguhkan dulu.