Menghapus GRUB

Ceritanya waktu itu gw lagi numpang bermalam di lab kampus. Gw manfaatkan untuk mengisi hardisk gw dengan koleksi drama & film korea (ssst, download dari ftp server kampus). Karena kapasitas hardisk sudah menipis, gw terpaksa menghapus partisi linux. Gw pikir nggak ada salahnya. Toh, sudah lama linux itu nggak gw sentuh.

Singkat kata semuanya ok. Gw bisa dapet koleksi film yang gw suka. Besoknya, setelah gw balik lagi ke Jakarta, gw nyalakan tuh laptop. Nah disini mulai muncul masalah. Laptop gw error. Ada masalah waktu loading grub. Sh*t! Pasti gara-gara partisi linuxnya gw buang. Partisi bootnya jg gw hapus. Dohh.

Seharusnya ini masalah mudah. Dengan masuk ke command prompt di windows, lalu jalankan perintah fdisk /mbr semuanya bisa beres. Tapi masalahnya gw nggak punya bootdisk windows 98.

OK. Tetap tenang, bereskan dengan pikiran jernih. Gw coba troubleshooting dengan perlengkapan seadanya. Yang gw ingat di-kost-an gw cuma ada cd knoppix sama installer xp (bajakan pula. tapi jangan salah, windows yang terinstall original punya. OEM).

Gw coba dengan knoppix. Sudah bisa boot, setelah baca manual grub. Gw masih nggak dapet ide, gimana cara buang grub. Padahal kalau pake LILO, mudah banget tinggal lilo -u. Beres!

Gw harus putar otak (kalau perlu pegangan, biar nggak jatuh hehehe). Gw nggak mau gara-gara masalah ini, gw gagal nonton koleksi film yang sdh gw download. OK. Tetap tenang, ambil napas dalam-dalam (inget pesen Aa Gym hehehe). Lalu mulai troubleshooting.

Akhirnya gw bisa membereskan masalah ini. Caranya begini nih:

  1. Boot dengan CD installer XP
  2. Masuk ke menu Repair (tekan tombol R)
  3. Pilih lokasi installasi windows kita
  4. Setelah masuk command prompt, ketik FIXMBR (lalu tekan enter)
  5. Restart komputer

Mungkin ini peringatan dari yang di atas. Sudah lima bulan ini gw melupakan Linux. Terlalu asik selingkuh dengan Windows. God, tuntunlah hambamu ini kembali ke jalan yang benar :D

3 thoughts on “Menghapus GRUB

  1. Radensun

    :)lumayan bagus juga artikel lwo, and makasih dah kasih gue pencerahan tentang masalah yang memang kebetulan sama kita hadapi… bedanya gue baru kali ini menghadapinya…. OK Makasih sobat

  2. kris

    klo cara ngerubah grub jadi lilo gmn?
    klo bsa caranya yang detail y cz saya masih amatir!
    takutnya saya lupa buka web ini lagi tolong d forward ke email saya aj ya!
    thanks!

Comments are closed.