Mushola di Mal

Sekalinya jalan ke Mal kok susah banget yah kalau mo sholat. Kalau mo nyari mushola di mal, tuh harus niat banget. Saran dari gw tuh, langsung tanya aja ke petugas di mal, entah itu satpam, cleaning service atau siapapun yang lo anggap mengenal baik lingkungan yang lo kunjungi. Jangan pernah ngandelin penunjuk tempat. Ntar lo pusing nyari-nyarinya. Hehehe

Satu hal yang gw perhatiin, sudah tempatnya kecil, kadang kebersihannya pun kurang terjaga (ruangannya tidak terawat dengan baik). Lokasinya itu loh, kadang bikin miris. Mushola tak jarang ditempatkan di basement. Jadi kalau lo mau sholat, harus turun ke basement, keluar dari gedung utama, masuk tempat parkir. Nah cari disana. Biasanya disitu lokasi mushola (nggak semuanya sih, tapi beberapa yg gw temuin, seperti itu lokasinya).

Menyedihkan yah. Tapi mo gimana lagi, mereka (baca: pengelola mal) cuma mo nyediain seperti itu. Btw, buat yang tahu lokasi mushola di mal (mal apa aja, mungkin mal itu ada di jakarta, bandung atau kota tempat lo berada sekarang), bisa sharing disini. Gw yakin informasi ini bisa bermanfaat banget buat yang lain :)

14 thoughts on “Mushola di Mal

  1. -eddy-

    Om Ngadimin, kalo di Ciwalk mushallanya lebih mendingan tuh. Di lantai 2 dan lumayan bersih lah. Kalo di mall lain sy ga pernah nemu yang lebih bagus dari Ciwalk ini.:(

  2. chaidir

    klo di PS (Plaza Senayan) musholllanya agak bagus tuh, trus bukan di basement… :)>-

    tp seperti biasa.. selalu terletak tidak jauh dari tempat parkir.. [-x

    trus juga di PS lagi (Plaza Semanggai)… musholla nya juga agak bagus.. ada AC nya… trus juga bukan di basement.. tapi klo sholat maghrib.. ngantrinya itu loh…. huh.. kadang2 sampe keciumm BJ (Bau Jempolll) #-o

  3. cecep

    Tulisan ini dibuat setelah sorenya gw sholat maghrib di TA (Taman Anggrek). Nyari penunjuk arah mushola, susahnya minta ampun (apa ada yang terlewat yah hehehe).

    Akhirnya dengan berbekal intuisi, biasanya mushola ada di lantai paling bawah, turunlah ke basement. Trus nanya ke satpam, dimana mushola. Akhirnya ketemu juga dan bisa sholat disana. Tapi ya itu, tempatnya ada diluar, ditempat parkiran mobil. Udah ruangannya kecil & pengap, juga kurang terawat.

    Tapi masih mending, untuk tempat wudhu nya, sudah dipisah antara ce & co. Biasanya tempat wudhu nya digabung, kasihan untuk ce yg berjilbab.

    Untuk ukuran mal yang besar seperti TA, musholanya segede uprit dan nggak terawat. Bener-bener prihatin deh gw.

  4. ndoro kakung

    musala di mal memang umumnya tampil seadanya karena ndak bayar sewa tempat. musala ada karena pemilik mal terpaksa menyediakannya. beda dengan gereja yang menyewa tempat di mal, pasti keren, mentereng, dan bersih. karena bayar. seandainya ada musala yang membayar uang sewa di mal, pasti rapi, bersih, dan wangi. ini bukan soal SARA tapi semata-mata soal bisnis.

  5. phyxias

    Citos: Basement, ruangannya kecil
    MKG: Dalam Mall, ruangannya..wah lupa dah lama :D
    Citra Land: di plataran parkir lantai… lupa dah lama juga
    TA: parkiran P7, ruangannya ya kata cecep itu lah
    Pasaraya: plataran parkir lt.2, tapi di platarain lt.4 kayaknya juga ada, rauangannya kecil ga ber AC
    Sarinah: wah kalo ini mesjid di belakang Djakarta Theatre
    Plangi: plataran parkir di lantai paling atas, hati2 nyasar :D
    Plasa Senayan: plataran parkir, lantai nya lupa, ruangan agak besar dan ber AC
    Senayan City: basement, sempit, tapi itu dulu sebelum jadi :D
    Sudirman Place: pernah nanya sekali katanya ada di basement 2, tapi waktu gw ke basement tersebut gila sepi banget dan belum ada penerangan, satpam pun ga ada.. :D ga jadi dah sholat … ngerriiii :D
    mana lagi yah… nanti kl keinget lagi gw update ;p

  6. cecep

    di kelapa gading, ada di lantai 2 atau 3 yah. tempatnya tidak terlalu besar. tapi kalau nggak salah ber ac.

    tapi kalau mo lebih enak, nyebrang jalan ada mesjid :)

  7. Lei

    Bintaro Plaza: di lantai 3 depan bioskop.
    tempatnya luas. di depan musholla rame banyak ABG ngeceng/nongkrong, maklum depan bioskop. ada AC tapi ngga dingin (lagian se-mall itu juga emang ACnya ngga dingin, ngga tau knapa maybe sengaja dibikin ngirit sama pengelolanya. kalo pengen merasakan hawa sejuk AC masuk aja ke HERO supermarket bagian sayur2, dijamin swegeerrrr….)=:)

  8. bow

    plaza senayan paling tob deh pokoknya, dulu di P1 (parkiran)… luas dan bagus. tapi sekarang dah dipindah.. lantai yang sama tapi di pojokan.

    pimol 1… di tiap lantai deket toilet, pimol 2… idem.

    senayan city… di B1 (basement), tepatnya gue lupa abis parkirannya ribet… musholla nya kecil nan kumuh. di P6 yang bagus… cukup luas

  9. della

    Gramedia Matraman: di tempat parkir motor, kecil tapi bersih. Tempat wudhu terbuka, tapi WC-nya nggak jauh kok :d
    (tapi ini bukan mall ya..)
    Kalo aku bilang sih paling enak di Slipi Jaya, soalnya di dalem bioskop, jadi ber-AC. Di toiletnya juga ada tempat wudhu. Kapasitas..yah, cukup deh buat empat orang cw n empat orang cowo. Lengkap, ada mukena dan sejadah.
    Aku suka tu yang di Blok M. Biarpun panas, tempat wudhu dah dipisah dan ada fasilitas bakiak gratis :d
    Citraland: di luar, deket tempat parkir motor. Lumayan, cukup cahaya dan banyak angin. Tapi wudhunya agak susah buat yang berjilbab. Nggak ada mukena, cuma ada sajadah.
    Taunya segitu aja sih, soalnya daerah jajahannya juga cuma di situ-situ aja, hehe..

  10. enishi

    mm…ada lg…graci [graha cijantung]…ini…ada mesjid malah di puncak mallnya…selantai ma tempat main anak2 n bioskop…
    mm…senayan city…executive musholanya emang top, tp aneh juga klo dipisah antara mushola customer n tenant…
    mm…detos…musholanya lumayan, udah dpisah ikhwan n akhwat, tapi…tempat wudhu akhwatnya agak terbuka…padahal tinggal pasang kain penutup aj…
    mm…EX…musholanya enak…meski msh di tempat parkir, tapi udah dipisah ikhwan akhawatnya, trus ber-AC n tempat wudhunya pun bersih…

  11. Adalah

    Di plasa senayan, lantai bawah deket food court ada mushola executive, kayanya ini mushola mall yang paling keren deh… bersih dan full full ac, sajadahnya pun
    bersih,kapasitas mungkin lebih dari 40 orang, dan ada tempat penitipan sepatu yang dijaga, waktu itu sama mbak2 dan mas2 yang ramah… nikmaaat.

    Di grand indonesia ada di lower ground terus tapi harus keluar arah parkiran dan kantin, tempatnya luas, sepertinya biasa dipake jumatan, ga ada ac, dan agak bising… kapasitas cukup buaanyak buat cewek dan cowok…

    Di ex, waktu itu sih di tempat maen boling, ada mushola di belakang daerah bilyar, pintunya khusus dan tersendiri, tempat wudhu kurang manusiawi, tempat sholatnya kecil kapasitas 15 orang, dan ga ada tabir pemisah antara cewek dan cowok, disini mushola paling bising sedunia, karena lokasinya pas dibelakang mesin boling

    Di bellagio mega kuningan, tempatnya kalo ga salah ada di lantai 2 atau 3, tempatnya waktu itu sih agak luas, tapi tempat wudhu-nya kurang bisa menampung banyak orang.

    Di plasa indonesia juga ada di lantai dalem atas deket restoran malaysia (lupa namanya), tapi agak sempit… kapasitas 30 orang deh.

    Di itc permata hijau pun ada juga, didalem yang ber ac atau diluar yang agak bau jidat, maaf ya, ini betul koq, dan waktu itu tempat wudhu-nya agak bau pesing, mungkin pernah terpakai kencing… hiks… sementar untuk yang didalem lebih enak dan manusiawi, tapi sajadahnya agak bau.

    Di elektronic city scbd, mushola ada di kawasan loading, waktu itu sih ga ber ac, lumayan berisik karena deket tempat istirahat karyawan/wati, kapasitas 20 orang tapi ga ada tabir pemisah antara cewek dan cowok, tempat wudhu cukup bersih, tapi sajadahnya agak wangi dahi dan jempol.

  12. Rio

    gw bilang sih paling bagus itu musolah (Masjid sih jadinya) di Pasar Raya Blok M. gak ada yg ngalahin deh. Udah kayak masjid, gede banget, karpet tebal, tempat wudhu besar. Keluar dari tempat wudhu ada anduk lebar banget di bentangkan untuk mengeringkan kaki. Bersih bgt.
    Di TA memang bapuk banget musolahnya.
    Di PIM 2 Udah lumayan bagus. (Ada di tiap lantai)
    di Plaza Senayan juga bagus.

Comments are closed.