Upgrade Debian Sarge ke Etch

Secara bertahap server-server yang gw pegang mulai diupgrade dari Debian Sarge ke Debian Etch. Dari 8 server yang terinstall Sarge, 5 sudah berhasil di upgrade ke Etch. Sisanya mungkin perlu waktu khusus.

Satu server perlu penanganan khusus karena ada beberapa aplikasi yang harus dipastikan berjalan dengan mulus di Etch. Misalnya di Sarge, menggunakan postgresql 7.4 tapi di Etch sudah menggunakan postgresql 8.x. Setahu gw datanya tidak binary compatible, harus di dump dan di restore manual.

Dua server sisanya, lokasinya ada di datacenter indosat kebagusan. Selain karena lokasi fisiknya ada di remote datacenter, juga karena service yang dijalankan disana termasuk critical juga. Satu lagi, servernya sudah up hampir satu tahun (tepatnya sampai hari ini up 359 hari). Jadi kalau diupgrade, yang sudah bisa dipastikan upgrade kernel juga. Gw yakin 100 persen, itu server bakal minta fsck. Nah, masalahnya gw nggak yakin proses fscknya bakal berjalan mulus. Jadi kalau gw mo upgrade ke Etch, amannya gw harus ada di lokal tempat server itu berada.

Secara teknis proses upgrade dari Sarge ke Etch, sangatlah mudah. Yang perlu dilakukan adalah mengganti source.lists, dilanjutkan dengan apt-get update, dan apt-get dist-upgrade. Mudah kan :)

One thought on “Upgrade Debian Sarge ke Etch

Comments are closed.