Berobat Murah Di Puskesmas

Mau berobat tapi murah? Puskesmas jawabannya. Hari ini, untuk sekedar bernostalgia (alasan aneh) sekaligus untuk berobat gw coba mendatangi puskesmas terdekat lagi. Setelah cari-cari di Internet, akhirnya gw tahu kalau lokasi yang paling mudah dijangkau dari tempat gw tuh, puskesmas kecamatan mampang prapatan.

Lokasi

Ini dia peta lokasinya. Kira-kira 100 meter dari perempatan mampang (Jl. Kapt Tendean No 9).

peta.gif

puskesmas_mampang.jpg

Pokoknya kalau naik angkutan umum, cari yang menuju ke arah mampang saja. Tinggal turun di lampu merah. Abis itu jalan kaki dikit (lihat peta yang gw kasih tanda panah). Nyampe deh.

Pelayanan Lumayan

Pelayanan di puskesmas mampang ini, gw pikir cukup baik. Semua petugas yang gw temui, melayani dengan ramah. Pertama kali, lo harus daftar di loket pendaftaran. Jika memang pertama kali berobat disana, bakal dibuatin kartu berobat. Dan kartu itu harus dibawa jika berobat lagi kesana.

Setelah daftar, bayar uang di loket pembayaran. Setelah itu, lo bakal dapet nomor antrian. Sekarang tinggal nunggu dipanggil deh. Simple kan?

Ini dia, loket pendaftaran & loket pembayaran.

loket.jpg

Kartu & Nomor Antrian

kartu.jpg

Dan ini dia suasana di ruang tunggu, cukup bersih walaupun agak sedikit gerah karena bukan ruangan ber AC. Ya, lumayanlah masih ada kipas angin di atas. Hehe

ruang_tunggu.jpg

Setelah menunggu sejenak, ntar lo bakal dipanggil masuk ke ruang pemeriksaan. Pengalaman gw pagi ini sih, nggak terlalu lama. Padahal gw pasien yang ke 141, dan pas masuk ruang tunggu, yang terakhir dipanggil adalah nomor 120. Jadi gw ada di antrian ke 21. Mungkin sekitar 20 menitan gw ngantri. Lumayan cepet lah.

Di ruang pemeriksaan, apapun sakitnya, Lo bakal diperiksa tekanan darah (nggak tahu kenapa). Abis itu baru ke ruang dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Dan sayangnya disini gw nggak bisa ambil foto lagi. Sebenernya bukan nggak bisa, tapi agak malu, dan takutnya diomelin sama petugas pas ngambil foto. Padahal sekilas gw lihat, ada dokter muda yang cantik (loh kok jadi kesana fokusnya hehehe). Tapi sayang dokter yang meriksa gw bukan yang gw lihat tadi :D

Abis diperiksa dokter dan dapet resepnya, harusnya sih sudah selesai. Tapi berhubung gw berobat gara-gara luka basah (bernanah gitu deh), dan dokter menawarkan utk perawatan (dibersihkan dan dikasih obat), ya gw terima aja tawaran itu. Gw pikir gratis, ternyata harus bayar lagi hehehe. Tapi murah kok, cuma Rp 7.500. Dan yang merawat luka gw, orangnya masih muda dan ramah (pasti cewek lah, mana mungkin gw ngasih testimoni ke cowok hehehe).

Karena fokus sudah mulai ngelantur kesana-kemari, mari kita sudahi saja sampai disini. Mungkin lain kali gw kesana lagi, tapi bukan ke bagian perawatan umum lagi. Mo periksa gigi. Lumayan, cari yang murah meriah saja deh. Ntar kalau sempet gw ambil foto jg :)

Informasi Tambahan

Jam buka untuk perawatan umum, Pagi 08:00 s.d 11:00, Siang 14:00 s.d 17:00. Yang lainnya lupa nggak dicatet :P Tapi disana ada fasilitas utk perawatan gigi, rawat ibu hamil (termasuk USG juga loh), akupuntur (nggak tahu ini akupuntur buat melangsingkan tubuh atau bukan. hehe) Puskesmas sekarang memang sudah semakin lengkap fasilitasnya.

Biaya

Hampir saja lupa, dari tadi sudah cerita kesana-kemari sampai ngebahas dokter & perawatnya jg hehe. Jadi biaya yang harus dikeluarkan itu, cuma sebesar Rp 2000 saja. Biaya ini dikeluarkan pas daftar diloket. Itu sudah termasuk biaya pemeriksaan & obat. Murah kan :)

Link Terkait

Alamat puskesmas di Jakarta

18 thoughts on “Berobat Murah Di Puskesmas

  1. della

    :o
    Cecep,
    ternyata lahan menebarkan pesonanya dah nyampe pelosok puskesmas

    [-(
    Btw, bagian mana yang bernanah? Jorok deh, pasti koreng digaruk :d

  2. cecep

    masa tebar pesona sih, biasa saja lah :D

    lukanya di betis. tapi sekarang sudah mulai kering. wah harus berterimakasih sama mba perawat itu nih :P

  3. Ria

    ck ck ck…kmn aja??…kok tau2 ngebahas puskesmas :-? makanya tuh gak pernah beresin kamar ya, jadinya kuman2nya pada bertebaran :d

    but by the way…cepet sembuh ya

  4. cecep

    lah… nggak kemana-mana, masih seputar tangerang-jakarta-bandung :D
    kamarnya bersih kok *menurut standar pribadi hehehe*

    thanks ya. sekarang dah sembuh :)

  5. wiedy batara -wageningen holland

    emang murah kalo berobat di puskesmas. tapi perhatian ga, sakit apa aja obatnya selalu tablet putih besar, tablet kecil warna ijo ama kuning.
    pfff….. malangnya nasib si miskin….

  6. cecep

    dulu memang seperti itu, tapi gw pikir sekarang sudah lebih baik. obat dipuskesmas kualitasnya sudah sama dengan obat dari klinik/dokter swasta. untuk sakit-sakit yg ringan/sedang (emang yg berat seperti apa yah hehehe), bisa mendapatkan obat yg bagus. setahu gw, dah jarang pake obat ‘curah’ lagi deh. hampir 90% sudah menggunakan kemasan.

    misal, utk obat batuk. mereka pake obh combi (yg iklannya didi petet itu loh). mereka jg menyediakan paracetamol sirup utk anak-anak. mungkin kalau gw anak farmasi, gw bisa ngasih informasi yg lebih banyak lagi :D

    trus, buat yg sakit TBC, bisa dapet pengobatan gratis. bahkan utk yg pake kartu miskin, bisa dapet bantuan sembako –digunakan utk menarik minat mereka berobat, karena seseringnya penderita TBC merasa malu utk berobat, dan ini berbahaya karena mereka menularkan ke lingkungan sekitarnya.

    tapi memang ada keterbatasan disana-sini, misal utk USG, biasanya dibatasi utk pasien yg memang memerlukan USG. misal yg janinnya sungsang. diluar itu, tiap pemeriksaan dibatasi utk 5 orang pasien (misalnya yg gw ketahui di puskesmas tgr).

    wuihhh. gw kok jadi mirip pakar/pemerhati puskesmas aja :P

  7. Intan

    Menarik tuh tulisannya, bisa ngangkat pamor Puskesmas yang selama ini dianggap rendah karena bisanya cuman ngasih obat yang gitu-gitu aja. Dan ternyata ada lho puskesmas yang bisa memberikan pelayanan lebih. Dan puskesmas juga bisa memberikan pelayanan lebih misalnya diPoned, Gawat Darurat, Kesehatan Reproduksi de el el.
    BTW, jangan lupa mampir di blog Puskesmas kami yaa !!!! Thanx
    http://www.puskesmasmojoagung.wordpress.com

  8. ina

    kalau ngomongin puskesmas jangan salah sudah banyak kok puskesmas yang bagus, tapi ada juga dokter yang mentang2 kita bayar murah trus di judesin pasien ada lho….;)

  9. Prastiyo

    waduh waduh….. bagus bener tuh puskesmas.
    saya pernah nganter berobat istri saya ke puskesmas mampang prapatan, Kel tegal parang yg letaknya persis di samping mesjid. istri saya sakit di bagian perut sebelah kiri. setelah nyampek puskesmas tsb gw sangat2 kecewa. boro2 sampai di obati, di tes tekanan darah aja kagak, cuma di tanya keluhannya apa? setelah istri ge bilang sakit di perut bagian kiri, (istri gw juga gak tau penyakit apa) lalu perut istri ge di usap2 terus di kasih resep buat di kasih ke apoteker. haha dah kayak dukun aja tuh dokter

  10. Sculy1043

    mas  cecep.. kalo di puskesmas mampangnya, dokter kandungannya ce/co sih mas ?
    kalo usg jadwalnya hari apa ya.. makasi.. :)

  11. Imam

    slam semua y mao tanya nie ada yg tau g jadwal USG di Pukesmas Kecamatan Mampang Prapatan…?¬† Texs Sebelumnya

  12. Geolynmasaru

    Hihihi….. saya salah satu petugas di p poli umum puskesmas mampang itu….kenapa kami tensiiiii……???? Krn kami sudah tersertifikasi standart ISO loh…… gak kalah ma klinik swasta…..
    Klo skrg puskes nya ud oke loh…. ud 5 lantai dan nyaman dan semakin ramai pasiennyaaaa….. senang klo bisa memberi manfaat serta kesembuhan bagi pasien yg dtng kesini…… semoga kami bisa memberi pelayanan lebih baik lagi…..
    Untuk USG kami ada jadwalnya….. sebaiknya sekalian periksa hamil disana biar lebih jelas jadwal dokter obsgyn nya…. krn kita kerjasama dg dokter obsgyn rs.swasta di duren tiga….. jd jadwal mengikuti dokternya…. tp lebih jelasnya tanya ke bidan nya di lt.2…….

Comments are closed.