World No Tobbaco Day 2007

Tanggal 31 Mei, setiap tahunnya diperingati sebagai hari tanpa tembakau sedunia. Untuk tahun ini tema yang diusung oleh WHO adalah SMOKE-FREE ENVIRONMENTS.

Priyadi dalam blognya mengajak rekan-rekan blogger utk membuat tulisan tuntutan 100% Bebas Asap Rokok. Gw setuju dengan ajakan itu. Nah loh, tapi kok nggak ditulis disini? Karena eh karena… hehehe


Gw dan Rokok

Gw dulu termasuk perokok. Walaupun tidak termasuk perokok kelas berat yang bisa menghabiskan satu atau dua bungkus rokok dalam seminggu (atau mungkin dalam sehari). Yah, paling banter buat gw, satu atau dua batang dalam sehari. Itupun nggak rutin. Bagi gw, merokok hanya kalau suasananya pas. Pas kumpul-kumpul bareng temen yg kebetulan perokok jg, atau lagi berada dilokasi yg udaranya dingin. Enak jg tuh kalau merokok.

Kebiasaan merokok gw mulai berkurang drastis semenjak menjadi admin jaringan dikampus. Setiap hari gw berada diruangan yang ber-AC. Jadinya nggak bebas utk merokok. Sebenernya, nggak enak aja sama temen admin yang lain, merokoknya sih bebas-bebas aja. Dan karena sebagian besar temen gw nggak merokok, jd setiap gw mo merokok gw harus keluar sendirian dan itu nggak enak banget. So, gw mulai terbiasa dengan hidup tanpa rokok. Dan alhamdulillah berlanjut sampai sekarang.

Tapi nggak dibilang berhenti sih. Gw masih merokok sampai dengan sekarang, tapi jarang banget. Jarangnya tuh kira-kira begini, terakhir gw merokok tuh pas tanggal 1 Januari 2007, merokok 1 batang. Trus sebelum itu gw merokok tanggal 13 April 2006, merokok kira-kira 3-4 batang deh. Gile bisa inget persis begitu yah :D

Negeri Ini Bergantung Pada Rokok

Btw, bicara soal rokok. Di negeri ini banyak banget pihak-pihak yang justru diuntungkan dengan keberadaan rokok ini. Nggak percaya? Coba tanya sama grup band yg sekarang lagi pada naik daun. Tur keliling Indonesianya itu dibiayai sama siapa coba? Atau coba tanya sama media, berapa persen sih porsi anggaran belanja iklan produk rokok dibandingkan dengan belanja iklan produk lain dalam skala nasional. Atau event olahraga, kek Indonesia Open utk bulutangkis siapa yang biayain. Hmm, kick and rush liga inggris sponsornya siapa yah?

Lah kok semuanya berujung pada rokok yah :D Begitu banyak aspek di negeri ini yang bergantung pada rokok.

Bahaya Rokok

Banyak! Dan untuk mengetahuinya nggak perlu susah-susah browsing di Internet, cukup baca saja dikemasannya saja. Kalau mo baca-baca di Internet juga boleh. Banyak penelitian yang mengungkap bahaya merokok.

Ada satu penelitian yang mengungkap, katanya setiap batang rokok yang anda hisap, berarti anda telah mengurangi jatah umur anda selama 2 menit. Menurut gw sih tergantung, bisa 2 menit bisa 5 menit, tergantung cara merokoknya. Dan ini juga berarti lebih bahaya tidur dari pada merokok, karena dengan tidur jatah umur lo berkurang selama kurang lebih 5 s.d 8 jam perhari :))

Ah… selalu ada alasan utk merokok :P