Lagu Lama Kereta Api Indonesia

naik kereta api, tut tut tut
siapa hendak turut
ke bandung, surabaya…
(kok jogja nggak disebut yah hehe)
dst…

Maaf, bukan lagu itu yang dimaksud. Yang gw maksud adalah keterlambatan jadwal kereta api kita. Mau berangkat telat, dateng apalagi.

Gw memang sudah lama nggak naik kereta api. Dua tahun yang lalu, gw sering pake. Kalau mau ke Bandung atau sebaliknya dari Bandung mau ke Jakarta, gw pasti naik kereta api. Salah satunya karena walaupun suka telat, kereta api masih lebih nyaman dan lebih cepat dari sarana transportasi lain.

Tapi semenjak ada jalur Cipularang, gw sudah ucapkan selamat tinggal sama kereta api. Jangankan sama travel yang memang menjanjikan Bandung – Jakarta ditempuh dengan 2 jam. Dengan bis reguler saja, seseringnya kereta masih kalah cepat.

Dan setelah dua tahun nggak pake kereta, tadi malem gw dateng lagi ke Gambir. Nganter temen yang mau ke Jogja. Eh, taunya lagu lama masih tetep ada. Telat bin ngaret! Payah. Kenapa semua hal yang dikelola sama pemerintah kok payah yah?

sampai stasiun kereta pukul setengah dua
duduk aku menunggu tanya loket dan penjaga
kereta tiba pukul berapa?

biasanya kereta terlambat
dua jam mungkin biasa (rusak lo)

(Iwan Fals, Kereta Tiba Pukul Berapa. Dari Album Sumbang 1983)