Install Debian Minimal

UPDATE 2008-06-18: Tulisan ini sudah saya pindahkan ke wiki dan akan saya update disana.

Tulisan ini bukan ditujukan sebagai tutorial installasi debian. Untuk tutorial silahkan cari di google. Ini lebih kepada sharing pengalaman gw ketika installasi debian.

Gw termasuk tipikal admin yang tidak suka mengoleksi cd distro linux. Jadi kalau bisa install via network (entah itu dari internet atau dari mirror lokal bikinan gw sendiri) gw akan pilih install dari network, dan sebisa mungkin menghindari installasi paket dari repositori cd. Tentu saja untuk awal installasi, gw menggunakan cd. Tapi ya cuma saat install saja.

Pertama-tama tentu kita siapin dulu netinstall cd. Ambil iso nya lalu di burn (contohnya, untuk saat ini gw mengambil debian-40r1-i386-netinst.iso). Setelah cd jadi, langkah selanjutnya tentu saja installasi.

Perlu diingat walaupun nama netinstall cd. Untuk instalasi ini kita tdk membutuhkan akses internet sama sekali. Install seperti biasa, tapi nanti pada saat dia meminta scan local mirror, kita pilih no. Dan singkat cerita, ketika proses installasi selesai yang kita dapatkan adalah debian dengan paket yang terinstall minimal.


Untuk selanjutnya tentu saja kita bisa menginstall paket-paket tambahan lainnya melalui repositori internet atau dari mirror repositori lokal (terdekat dengan network kita).

Biasanya, setelah install, yang pertama gw lakuin adalah mengedit file /etc/apt/sources.list. Ganti dengan mirror lokal favorit gw :D

deb http://komo.vlsm.org/debian/ etch main contrib non-free
deb http://komo.vlsm.org/debian-security/ etch/updates main contrib non-free

Langkah selanjutnya adalah mengupdate ke repositori tsb

apt-get update

Sebelum upgrade, gw biasanya cek dulu paket apa saja yang akan diupgrade dan seberapa banyak file yang akan diambil. Kadang dijadikan pertimbangan, terutama kalau gw install pada saat koneksi internet lagi dodol.

apt-get upgrade -s

Ketika sudah yakin mau diupgrade, langsung eksekusi perintah berikutnya.

apt-get upgrade

Beres! Sekarang sistem kita sudah up-to-date. Langkah selanjutnya biasanya gw install beberapa paket penting (menurut gw).

VIM, can’t live without it :)

apt-get install vim

Openssh server, penting untuk ngeremote debian kita. Gw lebih seneng mengkonfigurasi debian gw dari remote. Yup, kebanyakan gw install linux utk keperluan server.

apt-get install ssh

Nah sekarang baru bener-bener beres. Debian gw siap untuk dikonfigurasi lebih lanjut untuk keperluan yang sudah gw targetkan.

13 thoughts on “Install Debian Minimal

  1. Juzz pass by

    Eh mas caranya buat / bikin account untuk buat halaman .org seperti mas ini gimana sih ?? Bisa bantu tak maklum anak baru hoho. thnx anyway. Dhika

  2. cecep

    ini menggunakan langganan berbayar. caranya, langganan paket webhosting. cari aja di google, banyak kok persh webhosting indo atau internasioanl yg bagus.

  3. chaunk

    ini yang gw cari…pantes pas kita kasih perintah apt-get ga ada respon, taunya musti di setting dulu tah :d.

    terima kasih banyak kk

  4. cecep

    @Ucup Laknat: hmm… sepertinya harus diklarifikasi nih. Justru yang bertebaran di internet adalah hasil copyan dari web ini. Dan sebetulnya saya gak mau mempermasalahkan itu.

    Tapi sepertinya harus diklarifikasi nih.

  5. dimyati

    artikelnya oke, tapi ulasanya kurang detail. mungkin kalau mau dijabarkan lagi bisa tambah asik donk

Comments are closed.