Pindahan Server Itu Repot

Ya repot. Karena sesuatu dan lain hal, ada tiga server yang saling bertukar tempat. Bertukar disini, bertukar peran menyangkut service yang dijalankan di server tsb, dan bertukar secara lokasi fisik.

Ini adalah kerja tim, gw kebagian setting aplikasi yang dipindah. Export/import database oracle tugas DBA. Setting disisi user tugas helpdesk. Sebetulnya settingan aplikasi tidak terlalu rumit, tapi bikin males saja sih. Dan seperti biasa karena kemalasan gw, semua dikerjain di hari terakhir sebelum server dipindah

Yang gw otak-atik tuh, Compiere si aplikasi ERP, Pentaho utk reporting & Apache Tomcat yang digabung dengan crystal report untuk aplikasi webreport. Mindah-mindah, trus ubah settingan koneksi ke database oracle. Sebetulnya nggak susah. Cuma ya itu, karena semuanya tidak terdokumentasi dengan baik, file2 konfigurasi yang mau diubah harus dicari-cari dulu. Google lah, grep sana-sini lah hehe. Repot!

Dan hari ini semuanya gw catet. Semua settingan port aplikasi tersebut, gw seragamin. Bete, setiap yang setting aplikasi koneksi portnya berbeda-beda. Setiap mo setting disisi user, harus nanya ke yang setting atau nebak-nebak dulu. Kenapa nggak dibuat seragam aja. Pokoknya semuanya harus rapi!

Besok pagi eksekusi terakhir. Satu server rackmount 2U, 2 Unit server midle tower & 1 Unit UPS diangkut ke Tangerang. Wish me luck ya. Gw nggak mau ngelembur sampe malem :D