Tentang Sebuah Forum (bagian dua)

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang forum rileks. Sekarang mari kita lihat distribusi member rileks yang jumlahnya lebih dari 15 ribu.

rileks_group.jpg

…kog gw nggak pernah berhasil menginstall si modul flash ini ya… terpaksa dibuatkan skrinsut saja.

Ternyata lebih banyak yang pasif ya. Ya memang tidak semuanya pasif sih, tapi postingan kurang dari 100 memang bisa dianggap demikian. Artinya lebih banyak menjadi pemerhati hehe.

Dan utk mengadministrasi forum ini, ada sejumlah pengurus. Yang dengan sukarela meluangkan waktunya mengurusi forum ini. Mereka ini volunteer, nggak dibayar. Tapi bukan berarti ngurus forumnya juga seenaknya loh, walau kadang demikian sih :P

rileks_pengurus.jpg

Struktur kepengurusan seperti sekarang ini, adalah hasil urung rembuk para momod sekitar akhir November 2006. Bisa dibaca di thread ini, restrukturisasi rileks.

Lupa persisnya di thread atau topik mana masalah ini pernah dibahas. Sepertinya sih diforum ModDisc. Tapi kira-kira secara garis besar peran masing-masing grup pengurus tuh sebagai berikut (tidak mutlak, tapi secara garis besar tugasnya seperti ini).

Admin

Berperan dalam mengadministrasi sistem, mulai dari hardware (fisik server, listrik), OS, Aplikasi s.d network yang terhubung ke server rileks. Intinya memastikan server rileks bisa melayani user dan bisa diakses oleh user.

Super Moderator

Berperan dalam mengadministrasi forum, menambah, mengurangi atau mengedit konfigurasi forum. Mengangkat dan memberhentikan moderator (atas usulan). Mengadministrasi member (set warn level, banned dll).

Moderator
Berperan dalam mengadministrasi forum yang ada dibawah moderasi dia. Berhak menentukan topik/post mana saja yang layak tampil di forum. Memberikan arahan agar member mengikuti aturan main forum rileks.

Tukang Ngupload

Grup spesial, yang memiliki peran seperti moderator di grup forum multimedia. Juga mempunyai hak akses ke media penyimpanan data di ftp rileks.

UPDATE:

Kalau ingin melihat statistik yang lebih rinci (walaupun bukan versi terbaru), bisa dilihat di halaman waktu penggalangan dana server. Nanti kalau sempet gw bikin yang lebih baik lagi. Tapi nggak janji ya :D

bersambung…

12 thoughts on “Tentang Sebuah Forum (bagian dua)

  1. cecep

    @ria: jangankan ngasih akses ke orang lain, akses utk diri sendiri juga harus meminta bantuan orang lain. hehe

    hanya bisa diakses dari internal network itb

  2. rime

    dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih kepada pak cecep dankawan2 yang mengembangkan rileksa sampe jadi seperti sekarang…

    kebayang ya kalo ga ada rileks… mahasiswa cupu seperti saya jadi ga punya hiburan, haha..

  3. bootleg

    Tukang Ngupload yang udah jarang login sudah selayaknya masuk grup Honoris Causa om… hehe… tapi saya jangan dulu yah :D kan saya masih sering akses Rileks..minimal 2 jam sehari wkwkwkwk… pake POX tea atuh… :-” trus ngupload Heroes season 2 ep 7 dari TW ^^

  4. cecep

    @rime: justru yang mengembangkan adalah member rileks sendiri. semua konten yang ada di forum, sumbangan dari member. thanks to all yang sudah membuat forum ini menjadi besar. admin/mod hanya bertugas memastikan semuanya berjalan dengan baik :D

    @ardhi: baca di kotak pos 7906. ada thread ttg itu. nanti aku cari linknya

    @bootleg: iya, sepertinya banyak t.upload yang nggak aktif. harus dibenahi. tapi biarlah itu tugas smod dkk :D

    @cememet: hiyah lo lagi… bukannya sudah minta di ban? skrg malah minta jadi smod :-?

    @blesafho: wah punya dosa apa tuh sampai diban? tanya smod sudah bisa diampuni nggak dosanya :P

Comments are closed.