Memainkan file .rmvb di Ubuntu Gutsy

Caranya mudah. Yang perlu anda lakukan adalah menginstall paket w32codecs. Sebelumnya buat atau tambahkan dulu repo Medibuntu di sources.list anda.

echo "deb http://packages.medibuntu.org/ gutsy free non-free" >> /etc/apt/sources.list
apt-get update
apt-get install w32codecs

Nah, seharusnya sekarang anda sudah bisa menjalankan file .rmvb (biasanya anime atau film-film yang didownload dari internet). Tentunya dengan syarat anda sudah memiliki player yang sudah terinstall. Misalnya, mplayer, totem atau vlc. Jika belum, saatnya menginstall sekarang.

apt-get install mplayer vlc

Silahkan pilih, mau menjalankan menggunakan mplayer atau vlc. Tapi berdasarkan pengalaman saya sendiri, mplayer lebih bagus dalam memainkan file-file .rmvb. Menggunakan vlc, atau totem kadang film dimainkan dengan sedikit patah-patah.

Dan lebih dari itu, bonus dari menginstall w32codecs, di nautilus/file manager, sekarang anda bisa melihat preview dari koleksi film anda tersebut. Seperti layaknya format file lain yang sudah dikenal totem/xine.

naruto.jpg

7 thoughts on “Memainkan file .rmvb di Ubuntu Gutsy

  1. cecep

    @xeozus: iya, gara-gara ponakanku suka naruto, jadinya aku ketularan. bayangkan beda beda berapa generasi tuh, sama-sama suka naruto.

    ps: ponakanku usinya baru 6 tahun hehehe :D

  2. xeozus

    wah, hebat.. Baru enam tahun sudah bisa mengerti film pake subtitle bahasa inggris.. :D

    btw, ini saya baru saja slesai download Shippunden episode 49, mau dinikmati dulu..

  3. gambasvb

    mas mo tanya kok saya setelah ngapdate malah muncul kaya gini

    W: GPG error: http://packages.medibuntu.org hardy Release: The following signatures couldn’t be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 2EBC26B60C5A2783

    kaya harus dapet dulu public keynya gimana ya mohon bantuannya ya…

Comments are closed.