Convert .avi ke .mp4 di Ubuntu Gutsy

Sebetulnya extension .mp4 bukanlah sebuah format video. Mp4 adalah kontainer yang bisa berisikan file dengan video dan audio dengan format tertentu. Tapi untuk menyederhanakan kita sebut saja format .mp4.

Konversi disini saya maksudkan untuk menghemat space harddisk. Pada saat ini file-file .mp4 belum bisa diputar dvd player. Berbeda dengan format .avi dengan codec DivX/XviD yang sudah lazim bisa diputar di dvd player abal-abal sekalipun. Tapi dengan perkembangan codec H.264 yang semakin stabil dan mature, kita bisa berharap dalam waktu dekat pemutar dvd bisa memainkan format ini.

Dan sebagai informasi, biasanya saya melakukan proses konvert file ini di windows. File dikonvert dari .avi ke .rmvb menggunakan Easy Realmedia Converter (sebuah program kecil sederhana untuk melakukan konversi ke format .rmvb). Tapi seperti alasan yang saya sebutkan sebelumnya (codec H.264 yang semakin mature), dan dalam hal ini saya ingin melakukan proses konversi di Linux. Jadi format .mp4 ini yang saya pilih.

Disini kita akan menggunakan kompilasi skrip untuk menyederhanakan proses konversi. Konfigurasi codec untuk video dan audio kita serahkan sepenuhnya pada konfigurasi default dari skrip tersebut. Dalam hal ini si pembuat skrip menggunakan codec AAC utk audio, dan H.264 untuk video.

Ambil source instalasi mp4tools dari http://teknoraver.campuslife.it/software/mp4tools. Untuk ubuntu sudah disediakan repositori oleh pembuatnya, tambahkan baris berikut di berkas sources.list anda.

deb http://ppa.launchpad.net/teknoraver/ubuntu gutsy main

Lalu instal paket mp4tools

apt-get update
apt-get install mp4tools

Untuk melakukan konversi dari file .avi ke .mp4, kita tinggal panggil skrip seperti ini.

mkmp4 nama_file.avi

Sekarang kita tinggal menunggu proses konversi selesai. Dan sebagai informasi perbandingan, film dengan durasi 20 menit saya konvert dikomputer dengan spek Intel Centrino Duo, memori 1 GB, butuh waktu sekitar 2 jam untuk menyelesaikan proses konversi.