VLC, Totem, Mplayer Error. Tampilan Video Jadi Hitam Putih

Entah kenapa, setelah melakukan restart Ubuntu gw, semua video yang diputar di VLC, Totem atau Mplayer berubah warna. Semua ditampilkan dalam mode black and white. Sebelum bertanya ke paman google, gw coba ubah video output di mplayer ke x11, tampilan video kembali lagi berwarna. Tapi untuk totem atau vlc belum menemukan solusinya. Akhirnya bertanyalah ke paman google.

Ternyata jawabannya ada di bugs ini. Yang berkaitan dengan driver vga intel. Dan solusinya adalah hapus folder ~/.gconf/apps/totem.

rm -rf ~/.gconf/apps/totem

Setelah itu, anda perlu logout dan login kembali. Dan seharusnya sekarang semua pemutar video bisa menampilkan warna kembali.

Yang bikin heran, entah mengapa konfigurasi totem ini kok berpengaruh untuk semua aplikasi pemutar video termasuk vlc atau mplayer ya? Hmm…

8 thoughts on “VLC, Totem, Mplayer Error. Tampilan Video Jadi Hitam Putih

  1. Betty

    Dear,

    Aa’ saya punya file .avi yang bisanya diputar di vlc kalo di putar di wmv or winamp bisa jalan sih tapi kok yang muncul cuma suaranya aja ya?? gambarnya gak keluar. Kenapa bisa begitu ? trus bisa gak kalo file tsb dijadiin film biasa yang bisa diputer di player biasa (vcd or dvd). Mohon bantuannya n kirim ke eamil saya ya …. trims banget

  2. cecep

    @betty: wah rada oot nih. tapi gpp gw coba jawab deh. tapi disini saja ya, nggak lewat email.

    pertama, filmnya cuma bisa diputar di vlc saja, dan tidak bisa diputar di wmv, mungkin beberapa codec belum terinstall. cara termudah coba install klmcodec (search saja di google).

    biar film tersebut bisa diputar di dvd player biasa, cara termudah adalah pastikan film tersebut di encode dengan format divx/xvid. tentu saja dvd player kamu juga harus support divx/xvid playback.

    biasanya ada logonya yang menyatakan support divd/xvid playback, tapi sepengetahuan gw, dvd player terbaru rata-rata sudah support divx/xvid.

  3. Handy Octavianus

    Thx bro..gua juga alamin kasus yang sama, tampilan setiap video jadi hitam putih…gua dah coba cara diatas, dan berhasil….

    thx yahhh

  4. Handy Octavianus

    bro … tanya nih…tau nga cara nya agar laptop (vga intel) bisa di tampilkan di lcd proyektor dengan sukses ?

    gua dah pake cara :
    i810switch crt on

    dan berhasil tampil, namun kendalanya :
    1. tampilan di Layar jadi kepotong separuhnya
    2. kalo puter video, nga keliatan apa2, hitem aja, padahal di tampilan laptop keliatan tuh..

    kalo ada solusi tolong share ya bro…thx sbelumnya

  5. kyoro

    bos, aku gak bisa install mplayer dan pytube di gutsy

    muncul error
    >> Dependency is not satisfaable: libmad0
    >> Dependency is not satisfaable: ffmpeg

    gimana solusinya? saya gak konek internet

    trims

  6. asindoro

    Om…tanya dung :)
    kalo mau nyetel hasil streaming dari VLC di web browser gitu gimana si Om (IE/Mozzila)….?
    setting di VLCnya gimana…?

    kemudian di HTMLnya gimana…?

    bantuin dunk Oooooommmm…. :)
    makasih ya Om…..

  7. Drianz33

    Gan, ane punya masalah yg sama seperti di atas. Ane baru make ubuntu, jadi lum ngerti banyak masalah ubuntu. Yang ane pengen tanyain, gimana cara menghapus folder yang agan sebutkan, bisa dijelaskan secara rinci?? itu kan nama folder akhirnya totem, ternyata setelah ane search folder dg nama totem itu banyak.. Mohon pencerahannya ya.. Tnx before.

Comments are closed.