mod_proxy di apache

Punya webserver di LAN tapi ingin bisa diakses dari internet? Untuk menjawab kebutuhan itu bisa menggunakan berbagai cara. Ganti IP (menjadi IP yang bisa diakses dari internet), pake port forwarding atau menggunakan reverse proxy.

Nah salah satu yang gw suka adalah mod_proxy di apache2. Agar webserver di LAN bisa diakses dari internet, biasanya gw bikin virtualhost yang melakukan proxy ke webserver di LAN. Contoh konfigurasi:

mod_proxy.jpg

Enaknya menggunakan mod_proxy ini bila dibandingkan port forwarding, kita bisa bikin virtualhost yang banyak untuk mengakses banyak webserver di LAN. Sedangkan dengan port forwarding hanya terbatas untuk satu IP LAN saja.

Off Topic: Sialan nih wordpress, susah banget nulis code spt di atas. Sptnya harus install plugin nih. Tapi malesssss :D

3 thoughts on “mod_proxy di apache

  1. marom

    mas aku mau tanya ne…. klo kita punya 1 ip publik sebagai web server sekaligus router ke jaringan lokal. terus ip publik tersebut mempunya domain dan sub domain. trus aku pengen nanti klo ada yang browsing sub domainnya maka di redirect ke web server di ip lokal. jadi komputer web server untuk sub domain berada di ip lokal ( komputer domain). kira2 bisa g ya?? terus konfigurasinya gmna?? terima kasih

Comments are closed.