Telkom Speedy, Beneran Kencengnya

PERINGATAN: Saya bukan orang telkom, saya juga tidak sedang mengiklankan sebuah produk. Tulisan ini hanya menceritakan pengalaman saya, pada saat itu. Internet di Indonesia memang payah, saya tahu persis itu. Banyak yang mengeluh tentang kualitas layanan internet di Indonesia, termasuk pelanggan telkom speedy. Jadi saya mengerti betul kalau banyak yang ikutan misuh-misuh di tulisan ini.

Tulisan ini niat awalnya hanya untuk ngeledek temen saya (dalam konteks bercanda, bukan menjelek-jelekkan), karena pada waktu itu teman saya mengupgrade b/w s.d 1.5 Mbit/s yang harganya tentu saja sangat mahal. Jadi kalau Anda kebetulan membaca tulisan ini, maaf jika memang yang tertulis tidak seperti yang Anda alami. Tapi apa yang tertulis di bawah memang benar seperti apa yang saya alami (pada waktu itu, lihat tanggalan itu sekitar 2 tahun yang lalu).


Dulu orang banyak komplen dengan koneksi telkom speedy. Gara-gara itu pula gw rada-rada males untuk berlangganan internet ADSL dengan telkom speedy. Tapi… sekarang (sepertinya) sudah berubah. Telkom speedy sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sejak pertama kali ditest tanggal 14 Agustus 2007 s.d sekarang (berarti sudah sekitar 8 bulan langganan), si speedy kantor ini jarang ada masalah. Malah koneksi kabel modem kantor yang akhir-akhir sering bermasalah. Kesimpulan, speedy sudah relatif stabil.

Soal kecepatan, sesuai dengan yang dijanjikan kita bisa dapet 384kbps. Sepertinya sih yang sering dapet 384kbps itu untuk lokal loop saja (IIX/OpenIXP), tapi untuk koneksi ke internasionalnya juga tidak jelek-jelek banget. Dari monitoring di cacti, selalu peak di sekitar angka 256kbps. Wajar, mungkin karena ada faktor sharing dengan pelanggan lain.

Dan akhir-akhir ini gw sedikit heran. Saat tengah hari bolong, logikanya kan koneksi lagi peak. Tapi anehnya gw bisa dapet kecepatan download seperti ini.

cecep@rambutan:~/download$ tail -f wget-log

--12:22:37--  http://download3.vmware.com/software/vmserver/VMware-server-1.0.5-80187.tar.gz
=> `VMware-server-1.0.5-80187.tar.gz'
Resolving download3.vmware.com... 219.83.126.8, 219.83.126.11
Connecting to download3.vmware.com|219.83.126.8|:80... connected.
HTTP request sent, awaiting response... 200 OK
Length: 106,920,012 (102M) [application/x-gzip]

0K .......... .......... .......... .......... ..........  0%   97.96 KB/s
50K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  107.89 KB/s
100K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  104.81 KB/s
150K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  107.78 KB/s
200K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  107.37 KB/s
250K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  103.54 KB/s
300K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  107.09 KB/s
350K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  106.57 KB/s
400K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  106.98 KB/s
450K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  106.70 KB/s
500K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  104.06 KB/s
550K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  106.71 KB/s
600K .......... .......... .......... .......... ..........  0%  105.91 KB/s

Kalau dihitung, sekitar 800kbps. Gila kan? Lebih gila lagi itu koneksi ke internasional. Sepertinya juga bukan karena faktor transparent proxy. Gw cek, terkoneksi langsung ke webnya dan bukan proxy speedy (kalau memang speedy menerapkan transparent proxy).

Sebagai informasi, kantor langganan Speedy Office yang 750 rebu, unlimited. Buat kantor gw sudah cukup stabil dan sangat cepet. Jadi tidak perlu upgrade bandwidth sampai 1.5 mbps seperti di kantornya Bu Dosen :D

22 thoughts on “Telkom Speedy, Beneran Kencengnya

  1. Ria

    huhahahah…aa’ kenapa bawa2 aku :-”
    huhehehehe..kan aku gak kasih tau kan knp kita upgrade bandwidth :-w…nanti by YM aja ya! dasar aa jelek :-w

  2. libbz

    ituw artinya kantornya pak ngadimin sudah terlayani yang speedy up to 1 Mbps..

    Saya juga sudah dapet tuh …
    memang so far Speedy yang paling stabil koneksinya

  3. cecep

    @libbz: memang betul, kantor saya sepertinya terlayani speedy 1 mbps. jadi sekarang sih sudah tidak heran lagi.

    tapi awalnya informasi speedy 1 mega ini blom ada di websitenya. saya juga baru ngeh, setelah baca-baca informsinya di website speedy.

  4. cecep

    @bedjo: wah kamu termasuk pelanggan yang beruntung juga sepertinya. soalnya yang lain masih ada yang komplen koneksinya tetep lambat :D

  5. dani

    pak di kantor speedynya dishare ke berapa komputer ? ada proxy server sama ada manajemen bandwidth apa enggak ?
    thx…

  6. cecep

    @dani: sharingnya kira-kira 200 komputer lebih. tapi kita tidak menggunakan layanan speedy saja, digabung dengan beberapa layanan internet lain dengan tujuan jika satu ada masalah, link lain masih tetap bisa digunakan. dan tentu saja saya menggunakan proxy untuk mengatur penggunaan akses internet ini.

    btw, jika ada proyekan boleh lah saya bantu. hehehe :D

  7. cecep

    @deden: gak pake teknik apa-apa. langsung tancep aja ke modemnya.

    waktu itu memang sering dapet 1Mbps, sekarang sih udah jarang. paling banter setengahnya :D

  8. mr.lani

    Saya sangat kecewa pada pelayanan pelanggan telkom speedy. [-(

    Saya telah berulang kali melaporkan masalah -kesalahan pada tagihan bulanan- saya kepada Costumer Service Telkom Speedy. Berulang kali pula mereka katakan “Akan kami bantu membuatkan laporannya bu”. Namun sampai saat ini tagihan bulanan saya masih salah.

    Berdasarkan pengalaman pribadi tersebut, saya sarankan untuk tidak menggunakan telkom speedy.

  9. cecep

    @deden: Anda kurang beruntung :D

    tapi saya juga mengalami penurunan kecepatan tuh. seperti biasa layanan di Indonesia tuh awal bagus, lama-lama mulai menurun hehehe

  10. godot

    Pak, senang betul lihat ada juga yang puas dengan speedy. Soalnya saya sudah hampir 1 bulan kerjanya tiap (khususnya) malam selalu telp ke 147 buat komplain karena tidak ada koneksi sama sekali lewat speedy saya. Saya baru bisa dapat sambungan (lampu data di modem mulai berkedip) biasanya setelah lewat jam 12 tengah malam, itupun dgn kecepatan seadanya, pas buat cek email dan browsing. Saya tinggal di Rawamangun, Jak Tim, sudah komplain hampir 10 kali ke 147 dan tidak ada keterangan dan kelanjutan apa2 dari laporan saya. Nama, user ID, mulai kapan ggn, merk modem, lampu tidak nyala, no flexy, diBANTU daftar laporan, silahkan tunggu max 3×24…titik habis. :) Hasil…NOL BESAR !! Sedih nya hati ini…..

    1. ADMIN_SPEEDY

      lho harusnya anda kaji lebih dalam pertama anda minta konek ke speedy itu apa? SOHO -PERSONAL ATAU APA? ATAU UNLIMITED ANDA NGA MENERANGKAN!? ADA KAN DI SPEEDYNYA KLO UDAH JAM 12 MALAM BARU BISA KONEK ITUPUN ATAS PERMINTAAN CLIENT BUKAN ADMIN ATAU SPEEDY! JANGAN ASAL NGOMONG

  11. NEED HELP PLZ

    Mas cecep gw maw tanyanih…

    Gw pake speedy 1mbps paket 50 jam, gw donlod dari IDWS (lokal tuh) koq dapetnya cuman 100 kb/s ya, ( gw liat di opera kecepatannya, yup gw donlod pake opera)??

    Trus gw ganti ke paket family, gw juga cuman dapet 100 kb/s jadi gw rasa udah okelah dengan harga yang hampir sama gw dapet unlimited serta kecepatan yang sama denga 50 jam…

    Selang 1 setengah bulan kecepatan donlod gw jadi tinggal 1/3 nya alias 33 kbps-an (OMG) gw donlod jadi lemot banget, trus terang gw sering donlod film di IDWS jadi membuat kotar-katir donlodan gw……

    Help dong, ini masalah apa ya???, apa SPeedy nya atau IDWSnya ??? kao bisa ajarin ganti proxy juga dong di Opera untuk IDWS ….

  12. ngadimin

    permasalahan mas sepertinya ada di sisi speedynya. layanan speedy memang turun naik, kadang bagus kadang jelek. dan kalau sudah giliran jelek, satu-satunya harapan adalah komplen ke pihak telkom dan berharap layanannya membaik.

    good luck ya mas :D

Comments are closed.