Kompilasi Kernel Ala Debian

Sudah bertahun-tahun gw tidak pernah melakukan kompilasi kernel. Dengan alasan kemudahan dan alasan praktis, gw selalu mempercayakan proses kompilasi kernel ke distro linux (alias selalu menggunakan kernel versi distro linux). Kecuali ada alasan khusus, seperti di debian sarge, untuk membangun linux-vserver gw harus melakukan kompilasi kernel tersendiri.

Tapi itu khusus untuk versi sebelum Etch. Di Debian Etch, debian sudah menyediakan kernel khusus untuk vserver. Seinget gw, terakhir kompilasi kernel tuh sekitar tahun 2005. Sekarang sudah 2008, jadi kurang lebih sudah 3 tahun tidak pernah berkutat dengan kompilasi kernel.

Gw termasuk pengikut jargon, fire and forget. Built once, run forever. Atau if it ain’t broke, don’t fix it. Intinya males lah hehehe. Jadi kernel yang dikompilasi tersendiri jarang diupgrade (kecuali kernel bawaan distro, pasti diupgrade seiring dirilisnya versi terbaru). Efeknya, tahapan kompilasi kernel selalu lupa. Setiap mau kompile, harus baca sana-sini lagi :D

Dan beberapa hari yang lalu gw terpaksa melakukan proses kompilasi kernel lagi. Karena kernel bawaan Debian Etch bermasalah di komputer jebot punya kantor. Padahal di Debian Sarge tidak ada masalah. Sudah menggunakan opsi acpi=off, noapic dan lainnya masih tetep masalah. Akhirnya diputuskan untuk kompilasi ulang.

Singkat cerita proses kompilasinya selesai. Masalah solve. Dan seperti biasa, oleh-oleh dari proses ini ditulis di wiki. Sebagai catatan pribadi.

http://wiki.ngadimin.org/Kompilasi_Kernel_ala_Debian

2 thoughts on “Kompilasi Kernel Ala Debian

  1. cecep

    @dikshie: kalau ini dikshie yang kukenal, wah pasti lagi becanda :D
    tapi kalau gak becanda, ya mirip-miriplah dengan debian.

    btw, tulisan itu bukan tutorial, itu lebih catatan pribadi.

Comments are closed.