Plagiator? Siapa Yang Copy Paste?

Tulisan ini dibuat karena ada komentar yang tidak enak di tulisan gw tentang instalasi debian minimal. Sebetulnya tulisannya juga gak terlalu bermutu, tapi berhubung ada komentar gak enak, gw jadi pengen klarifikasi.

Pertama, gw menyadari adanya aktifitas copy paste dari web ini setelah mengamati log pengakses web ini (melalui awstats). Disana ada beberapa referer dari websites yang gw gak kenal. Salah satunya dari http://naylaady.wordpress.com tukang copy paste. Dan secara tidak sengaja pula gw akhirnya menemukan bahwa ada tulisan gw yang dicopy paste di blog tersebut.

Yang perlu diklarifikasi, tulisan itu, asli gw bikin sendiri. Gaya bahasanya juga gaya bahasa gw banget. Lihat satu paragraf awal (yang tidak dicopy paste sama si tukang copy itu) dan emoticon (thanks to emoticon, akhirnya gw bisa menemukan bukti yang paling ok).

Sebetulnya ada bukti lain Ini dia bukti yang lebih paling meyakinkan, bahkan jejaknya masih ada. Bisa dilihat di ilustrasi dibawah ini (sebelum barang bukti dihilangkan, coba di cek).

plagiat1.jpg

Klik kanan pada emoticon tersebut. Gambarnya ditautkan ke web ini :) Sungguh cara copy-paste yang ceroboh.

Sebetulnya ada beberapa tulisan lain yang dicopy paste dari web ini. Misalnya, web dibawah ini. Lucunya si yang punya blog, membalas komentar seolah-olah dia yang bikin tulisan itu. Aneh :P

http://musyaffacell.wordpress.com/2008/03/03/internet-via-gprs-xl-xphone/

Mudah sekali menemukan bukti copy pastenya, semua gambar di tulisan itu, di hotlinking ke web ini. Sudah copy-paste, nyuri banwit pula! Ah sudahlah gw sebetulnya males bahasnya :(

15 thoughts on “Plagiator? Siapa Yang Copy Paste?

  1. Ria

    wew :-w tidak sopan sekali a’ perlu di ingat bahwa blog juga bisa di claim sebagai HAK Cipta…dan bisa masuk ke undang2 HAKI :-w mereka tidak sopan sekali ya???

    sabar ya a’ yg tau kamu pasti tidak akan mengatakan bahwa dirimu adalah plagiator!

  2. cecep

    @Ria: Cara terbaik copy paste tanpa ijin adalah menuliskan alamat web yang jadi sumber tulisan itu. Biar tidak ada tuduhan yang gak enak ke si penulis aslinya.

    Heran yang nulis malah dituduh ngambil dari punya orang :D

  3. saesa

    *udh dr kmrn pengen misuh2..begitu baca tulisan ini jd tmbh pengen keluar kebon binatang-ku..yg sbnrnya g jd mslh..toh disini g ada yg ngerti :)) =))*

    tp kudu sabar ah..org bukan aku yg dizhalimi..hehehe

    neng yo tetep melu kesel je..sengit aku nek ono sing copy paste ra omong2..minimal nek ra gelem omong yo nyantumke sumber lah..
    jan wong indonesia..ngene carane kpn majune?

    @ aa cecep
    kalo aku jadi kamu ya..udh ku konfrontir..kan punya bukti yg kuat..
    biar dia malu en sadar..

    plus yang komen nuduh kamu copy paste jg oon-nya selangit..sotoy bgt..tau2 nuduh..kudunya clarify dulu lah..nanya..tulisan ini ko = tulisan ini ya? sumber sama ato gmn? belon apa2 langsung nuduh..bnr2 khas org indo..

  4. cecep

    @saesa: walahhhhh roaming… kalau mo misuh-misuh pake bahasa sunda donk. setengah hidupmu kan dihabiskan di garut hehe

  5. bayu

    Sebetulnya ada beberapa tulisan lain yang dicopy paste dari web ini. Misalnya, web dibawah ini. Lucunya si yang punya blog, membalas komentar seolah-olah dia yang bikin tulisan itu.
    wakakakaaa,.. yang ini lucu banget,..

    anyway, wajar aja kali bro, situs ini di kopas orang lain. saya nggak ngeliat ada peraturan untuk contentnya.
    Minimal letakin creative commons license dong,..

    cek situs ini, untuk lebih lanjut http://creativecommons.org/

  6. cecep

    @bayu: kalau pintu rumah gak dikunci, jadi orang bebas bisa masuk. trus kalau ada tanda dilarang masuk, orang gak akan masuk? hehe

    creative common license atau license apapun yg misalnya ntar gw mo pilih, tidak menghalangi orang yang mengcopy secara ilegal.

    ini masalah etika saja sih. lagian tdk mempermasalahkan soal copy pastenya, tapi menyertakan sedikit kredit itu yg diharapkan, untuk menghindarkan salah paham.

  7. saesa

    nek ngaranku sih..ra usah ndadak ono creative common license opo sing sejenis..ning yo kesadaran sing ngopi paste..
    nek jenenge dudu tulisanne dhewe yo kudu ditulis sopo sumber-e..di link po piye..kok keset men dadi wong..
    encen wong indo..angel men nek di kon ngehargai hak cipta..ck..ck..ck..

  8. Kasturi Kijang

    Saya malah bangga dengan semua konten di dalam blog saya yang 100% copy paste…

    Mau minta izin sama yang nulis, tapi yg bersangkutan udah meninggal ratusan tahun yang lalu hehehe :)>-

  9. Ranyliq

    Creative common ada banyak ragam boz. ada yang ngasi izin republikasi ada yang enggak.
    tapi setahu saya kl masih makai blog gretongan seperti wordpress dan kta bisa buktiin dia mlkn plagarism, gampang bener di hapus a.k.a Di pecat :d ,Soalnya gak ada toleransi buat tukang copas.coba az mail supportnya :-\”

  10. dani

    walah, make linux tp masi copy paste jg :lol:

    bole sih ngijinin kopi-pasta, tergantung lisensi blognya jg kan, tp ya dibiasain pake etika lah

  11. Sanji

    Tenang aja mas, plagiator tuh bisanya cuma copy-paste, mungkin saja dia nggak nguasai apa yg dicopynya.

    Yang jelas, kemampuan maksimal yg bisa dilakukan plagiator adalah seperti yg ditirunya, plagiator nggak mungkin bisa melebihi keahlian penulis aslinya. Karena bisanya hanya tiru-tiru, nggak punya keunikan, mungkin saja semua "artikel" dia adalah hasil copy-paste semua :p

    Artikel "baru" di situsnya adalah sesuatu yg sudah "lama" di situs lain, dia nggak akan pernah bisa menulis sesuatu yg benar2 "baru", atau tepatnya "original", yg merupakan hasil belajar/pengalaman atau "temuan" sendiri :)

    Tetap semangat,

    Sanji

  12. Icang69

    Kayaknya para plagiat tidak bisa lagi dibendung. semua ada dimana-mana. pusing…! entah itu para blogger, penyanyi, band, bahkan negara. ampun deh.. Tapi saya sudah punya trik ampuhnya. MAU? Penasaran?

Comments are closed.