Sinkronisasi Waktu Dengan NTP Server

Semua perangkat yang berhubungan dengan fungsi waktu mensyaratkan konfigurasi jam/waktu yang sama atau mempunyai sedikit perbedaan (yang masih bisa ditolerir) dengan jam acuan.

Misal, mesin absensi. Di kantor saya tidak ada mesin absensi, tapi ada tukang absen. Dia yang mencatat jam masuk dan pulang untuk semua karyawan. Tentu saja jam yang tercatat sangat tidak akurat. Tergantung jam yang digunakan oleh si tukang absen. Jika karyawan ingin mengetahui secara persis waktu jam masuk dan keluar, tentunya jam si karyawan harus disamakan dengan jam acuan tukang absen.

Walaupun tidak akurat, cara di atas sudah dirasa cukup oleh manajemen kantor. Jadi tidak masalah, kalau misalnya ada perbedaan 10 s.d 15 menit. Itu galat yang bisa ditolerir.

Lain cerita jika di kantor Anda memasang perangkat absensi menggunakan mesin finger print yang terhubung ke komputer. Tentunya pihak manajemen mengharapkan jam yang tercatat lebih akurat. Dan semua akan sia-sia jika jam komputer yang terhubung ke perangkat finger print juga ngaco.

Kasus lain, Anda sebagai administrator jaringan, menerapkan pengaturan akses internet berdasarkan jam. Agar tidak ada kesalahpahaman antara user dan admin, tentu jam server dan jam klien harus diset sama. Bahasa teknisnya disinkronisasi.

Caranya? Yang paling umum dengan melakukan sinkronisasi ke NTP server.

Sebetulnya masih banyak hal yang menyebabkan kenapa jam komputer kita harus disingkronkan dengan NTP server. Jika misalnya anda mengaktifkan sistem autentikasi berbasiskan kerberos (misalnya di Active Directory), jam antara server dan klien harus sama. Jika ada perbedaan yang melebihi batas toleransi, klien bisa ditolak aksesnya.

Nah, jika anda admin jaringan, tidak ada salahnya membuat NTP server di jaringan lokal anda. Caranya mudah. Saya coba tuliskan cara instalasi NTP server di Debian. Silahkan dibaca, dan mudah-mudahan berguna buat Anda :)