Aplikasi FOSS Bukan Hanya Linux

Banyak pihak berpikir jika harus migrasi ke FOSS berarti harus menggunakan Linux. Sebelum pindah mereka sudah takut duluan dengan lingkungan kerja di Linux yang (katanya) lebih sulit dibandingkan Windows.

Padahal jika mereka lebih jeli lagi FOSS bukan hanya linux. Dan kalaulah Anda sudah memiliki lisensi Windows (misal produk OEM, yang ikut Anda beli saat membeli hardware), Anda bisa mulai menggunakan FOSS. Dan Anda bisa mulai berhemat, dimana ini adalah salah satu keuntungan yang paling mudah terlihat ketika Anda menggunakan FOSS.

OpenOffice.Org

OpenOffice v3 di Windows

Misalnya, sebagai pengguna biasa Anda hanya butuh aplikasi pengolah dokumen untuk keperluan menulis dan mencetak dokumen. Anda bisa mulai melirik OpenOffice versi 3. Versi ini jauh lebih baik dari versi sebelumnya dan sudah sangat cukup untuk keperluan kebanyakan orang. Tentu saja tidak semua fitur yang tersedia di MS Office ada di OpenOffice. Tapi sebagian besar fitur ada, tinggal menyesuaikan saja.

Bahkan dalam beberapa kasus, OpenOffice sudah lebih baik dari MS Office. OpenOffice sudah sejak lama mendukung export ke PDF langsung, tanpa butuh aplikasi tambahan lain. Di MS Office Anda membutuhkan aplikasi tambahan. Hardware requirement untuk OpenOffice 3 jauh lebih rendah dibandingkan dengan hardware requirement untuk MS Office 2007.

Untuk lebih mengenal OpenOffice dan bagaimana pendapat orang lain yang sudah menggunakan OpenOffice, silahkan baca halaman studi kasus di website OpenOffice.

The Gimp

The Gimp 2.6

Kasus lain misalnya. Anda seorang yang seorang yang hobi fotografi. Anda membutuhkan aplikasi pengolah gambar untuk mengolah foto-foto Anda. Dalam beberapa kasus Anda mungkin tidak membutuhkan Adobe Photoshop CS3 (yang sangat powerfull tapi harganya juga lumayan mahal), mungkin dengan Gimp saja sudah cukup untuk keperluan Anda. Bagi saya sendiri, kegiatan cropping, mengubah level adalah dua hal yang paling sering dilakukan dan itu sudah cukup dengan menggunakan Gimp.

Yang saya tuliskan disini hanya dua dari sekian banyak aplikasi FOSS. Diluaran sana masih banyak aplikasi lain yang mungkin berguna buat Anda. Jadi tidak perlu menunggu waktu lagi. Mulai dari sekarang Anda bisa menggunakan FOSS dan merasakan manfaatnya :)

4 thoughts on “Aplikasi FOSS Bukan Hanya Linux

  1. Ria

    FDF Creator, Thunderbird, Firefox, winscp, putty, irfan view, PDF Editor, Filezilla dan masih banyak lagi…semua FOSS itu dah pada dipake sama kantorku :)>- apakah bener semuanya FOSS?

  2. cecep

    Irfan View bukan FOSS, dia termasuk freeware. PDF editor entah mana yang dimaksud, tapi beberapa juga termasuk freeware, bukan FOSS.

    Tapi gak masalah juga sih secara lisensi. Hanya freeware memang bukan FOSS :D

Comments are closed.