Open Source, Free Software, OSS, FOSS, F/OSS atau FLOSS?

Sengaja saya beri judul seperti itu. Memang banyak istilah yang sering digunakan dalam dunia perangkat lunak yang menggambarkan suatu hal yang menurut saya sih sama-sama saja. Barang yang dimaksud itu-itu juga (harusnya begitu hehe). Tapi secara sejarah, terminology dan semangat yang dibawa (katanya sih) berbeda. Mari kita lihat.

Istilah free software sendiri sudah lebih dulu muncul pada tahun 1983 (dan dipublikasikan secara resmi dalam sebuah bulletin di tahun 1986) yang digagas oleh Richard Stallman, seorang programmer, hacker dan aktifis fsf. Istilah free software digunakan untuk menjelaskan aplikasi yang bebas digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan lagi ke pihak lain tanpa ada batasan. Free disini lebih ditekankan sebagai freedom, dan bukan gratis.

Sedangkan istilah open source muncul pada tahun 1998 yang digagas oleh beberapa aktifis free software (dalam forum itu Richard Stallman tidak hadir). Istilah open source dilahirkan untuk menggugah lebih banyak lagi adopsi dari pihak-pihak korporasi, dan menghindari ambiguitas kata free yang kadang diidentikan dengan gratis. Kata-kata gratis atau tersedia tanpa perlu membayar kadang membuat dunia korporasi alergi.

Dalam perkembangan selanjutnya kedua aliran ini menciptakan dua organisasi yang berbeda. Free Software Foundation (FSF) dengan free software-nya, dan Open Source Initiative (OSI) dengan open source-nya. Masing-masing memiliki fans dan yang tidak setuju juga ada.

Nah terkait dengan istilah-istilah di atas, mana yang cocok buat Anda? Saya sendiri lebih memilih FLOSS (Free/Libre/Open-Source Software) atau FOSS (Free and Open Source Software). Karena kata ini lebih menjelaskan secara tegas. Open Source tanpa kebebasan memodifikasi atau mendistribusikan tentu tak berguna. Begitu juga free tanpa kode sumber yang di sediakan untuk publik, juga tidak bermanfaat.

Jika Anda ingin memahami lebih jauh tentang istilah-istilah yang membingungkan itu, silahkan baca salah satu artikel di Wikipedia yang membahas tentang berbagai istilah alternatif untuk free software. Kalau sudah tidak bingung dengan istilah-istilah itu, tentunya Anda tidak akan alergi lagi dengan FOSS kan? :D

Tautan lain yang mungkin menarik

2 thoughts on “Open Source, Free Software, OSS, FOSS, F/OSS atau FLOSS?

Comments are closed.