(Hampir) Semua Kebutuhan Bisa Dipenuhi dengan FOSS

Di laptop yang biasa saya gunakan sehari-hari, konfigurasinya masih dual boot. OS utama yang paling sering saya gunakan adalah Ubuntu 8.04 dan OS kedua yang terinstal adalah Windows XP Home Edition. Mengapa saya masih mempertahankan konfigurasi dual boot seperti ini, karena terkadang saya masih membutuhkan Windows untuk menduplikasi masalah user yang sebagian besar masih menggunakan Windows. Selain itu kadang saya mencoba beberapa aplikasi windows di laptop ini, jadi tidak ada salahnya si Windows yang pembeliannya satu paket dengan laptop ini saya pertahankan.

Walaupun menggunakan windows, seperti yang sudah saya tuliskan dalam tulisan saya sebelumnya, tidak berarti saya melupakan FOSS. Justru sebagian besar aplikasi yang terinstal adalah aplikasi FOSS. Dan sisanya dilengkapi dengan aplikasi freeware (misalnya antivirus) untuk melengkapi beberapa layanan aplikasi yang belum tersedia di FOSS.

Sebagai gambaran saya coba tuliskan daftar lengkap FOSS yang terinstal di Windows saya.

Aplikasi Perkantoran

OpenOffice.org 3.0, aplikasi perkantoran lengkap. Menyediakan aplikasi pengolah dokumen (OpenOffice.org Writer), Spreadsheet (OpenOffice.org Calc), dan untuk presentasi (OpenOffice.org Impress) dan masih ada OpenOffice.org Math, OpenOffice.org Base dan OpenOffice.org Draw yang saya jarang gunakan.

VIM Text Editor. Saya terkadang meggunakan aplikasi ini untuk koding sederhana (saya bukan programmer, jadi jarang koding).

VIM VIM di Windows.

Aplikasi Internet

Mozilla Firefox, peramban web yang makin populer. Dan tentu saja favorit saya karena dukungan pengaya (Add-ons)-nya yang sangat banyak.

Pidgin, aplikasi untuk chatting. Mendukung banyak protokol chat dari ym, msn, xmpp dan masih banyak lagi. Yang saya suka dari pidgin adalah simpel dan ringan.

Putty, sebagai linux admin saya sering kali melakukan remote terminal ke server-server linux saya. Putty adalah senjata utama jika sedang di Windows.

Putty Putty sedang beraksi, remote ke Ubuntu.

WinSCP, aplikasi untuk transfer file (FTP, SFTP, SCP). Saya seperti putty, ini juga salah satu senjata untuk admin seperti saya. Anda yang mengelola web juga mungkin membutuhkan aplikasi ini.

Aplikasi Pengolah Gambar

Paint.Net, aplikasi pengolah gambar. Walaupun sederhana, tapi sangat powerfull.

The Gimp, terkenal sebagai aplikasi pengolah gambar di Linux/Unix. Tapi sekarang versi windowsnya juga sudah tersedia, dan tentu saja FOSS juga.

Aplikasi Multimedia
Tiga aplikasi ini adalah aplikasi pemutar video atau film yang paling sering saya gunakan.

Aplikasi Lain

KeePass Password Safe, aplikasi untuk mengelola dan menyimpan password Anda dengan aman. Jika Anda seperti saya, mempunyai banyak akun yang tersebar diberbagai layanan web atau aplikasi internet lainnya, sebaiknya mulai menggunakan manajemen password. Menggunakan satu akun dan satu password yang sama rasanya bukan cara yang aman. Gunakan aplikasi ini untuk menyimpan dan mengelola password Anda.

VirtualBox, aplikasi virtualisasi. Sebagai pekerja IT kadang saya perlu mencoba berbagai jenis OS. Virtualbox cocok untuk kebutuhan saya, tidak perlu bongkar pasang komputer lagi, cukup instal di mesin virtual saja.

VirtualBox 1.6 VirtualBox 1.6 di Windows.

Dari daftar di atas, ternyata FOSS hampir 90 persen[1] sudah mencukupi kebutuhan saya. Sisanya saya lengkapi dengan freeware dan beberapa aplikasi OEM bawaan laptop ini (Nero burning misalnya). Anda juga bisa seperti saya menggunakan FOSS untuk kebutuhan kerja Anda. Caranya, lihat atau buat daftar kebutuhan Anda, dan cari aplikasi FOSS yang sesuai untuk kebutuhan Anda itu. Jika tidak bisa dilengkapi dengan FOSS, cari aplikasi freeware dan tentu saja aplikasi berbayar juga tidak menjadi masalah. Tinggal kita hitung dengan biaya yang kita keluarkan apakah sudah layak dengan fungsi yang kita gunakan.

Mudah-mudahan tulisan ini menginspirasi Anda untuk bisa menggunakan FOSS.

Catatan:

[1] Jika ada yang bertanya dari mana nilai 90 persen itu, saya jawab angka ini angka sembarang saja, alias kira-kira :D

2 thoughts on “(Hampir) Semua Kebutuhan Bisa Dipenuhi dengan FOSS

  1. wiwit

    kang cecep, artikel yg bagus……apakah kebutuhan WIFI oke jg di FOSS…notebook saya dell latitide dengan OS ubuntu8.04 kok gak mau kenal wireless card ya….mohon pencerahannya

  2. cecep

    @wiwit: oh di Ubuntu ya. notebook kamu pake chipset apa untuk wifinya? yang saya gunakan pake broadcom, tidak perlu otak-atik lagi, wifinya langsung ke detect.

    biasanya yang agak masalah tuh chipset atheros. sudah banyak yang ngebahas di milis id-ubuntu. coba deh berkunjung kesana.

Comments are closed.