openSUSE 11.1 dirilis hari ini, selingkuh lagi sepertinya :D

openSUSE 11.1 resmi di rilis hari ini. Dan sepertinya saya tidak akan melewatkan acara untuk mencobanya. Setelah sebelumnya menginstall OpenSolaris 2008.11, lalu Fedora 10 jadi yang terinstal di laptop sekarang sudah 4 boot (sisanya Windows XP Home Edition dan tentu saja Ubuntu 8.04 Hardy) dan bersiap menjadi 5 boot.

Partisi untuk si openSUSE ini sudah disiapkan jauh-jauh hari, waktu saya mencoba OpenSolaris. Sepertinya besok sore, laptop ini sudah resmi terinstal 5 OS yang berbeda (yang di VMware gak diitung ya, gak aciii hehe).

Kita lihat, berapa lama saya bisa bertahan di openSUSE, di Fedora 10 saya cuma tahan 3 hari. Setelah itu tidak merasa ada yang istimewa selain SELinux yang bikin ribet itu hehehe. Dulu-dulu sih, saya cukup benci dengan YAST yang lambatnya gak ketulungan. Katanya di rilis ini, package manager untuk openSUSE sudah jauh lebih baik, entah pake YAST atau zypper.

Sekarang waktunya download dan besok tinggal menikmati hasilnya.

7 thoughts on “openSUSE 11.1 dirilis hari ini, selingkuh lagi sepertinya :D

  1. cecep

    test… test…

    saya masih otak-atik openSUSE-nya, memang saya tidak begitu nyaman dengan kde, tapi lagi berusaha membiasakan diri :D

  2. coret

    kata sapa linux itu ribet ngga juga kok… klo di coba dan ada kemauan pasti bisa kok… itung2 ngurangin dosa make bajakan :d

  3. Rajiva

    Hmm.. saya sudah pake openSUSE Linux kira-kita 5th dan belum ada masalah yg berarti. Mungkin sampean harus sedikit sabar. Pada dasarnya openSUSE sangat mudah. Dan repositorynya sangat lengkap.

    Soal klaim bahwa YaST sangat lambat saya kita kurang tepat. Saya bisa menggunakan SuSE Linux Enterprise Desktop di Intel Celeron 2.0, openSUSE 10.3 di AMD Duron setara Pentium 3, openSUSE 11.1 di AMD Turion X2 1.9GHz, openSUSE 11.0 di AMD LE1640, dan openSUSE 10.3 di server Intel XEON 2 core.

  4. ngadimin

    mungkin kata-kata saya terlalu hiperbolis, tapi memang YAST itu lambat. di versi sekarang mungkin sudah diperbaiki lagi.

    dan klaim lambat saya bukan ke distro atau penggunaan desktop secara overall ya, tapi saya hanya merasakan YAST yang lambat. mungkin karena saya kurang terbiasa juga dengan konfigurasi sistem gaya yast ini.

    dan jangan terlalu dianggap serius postingan ini, saya cuma penggembira di linux, dan suka mencoba-coba beberapa distro dalam waktu senggang :D

Comments are closed.