Memperkenalkan: LewatMana.com

Minggu kemarin website lewatmana.com resmi dibuka untuk publik. Belum ada ceremonial atau rilis resmi, tapi Anda semua bisa menikmati isi layanan dari portal ini. Website ini dikembangkan sebagai portal komunitas pengguna jalan. Dimana Anda, Saya dan Kita semua bisa saling berbagi informasi seputar kondisi lalu lintas di sekitar kita.

Di tahap awal sebagai pengembang website ini, kita sudah menyediakan beberapa kamera di Jakarta (sementara masih 10 kamera, but more cam to come). Dalam pengembangan berikutnya, Anda sebagai member biasa bisa ikut memberikan feed kamera dengan menggunakan webcam biasa. Bayangkan jika ada 1000 lebih webcam yang ikut memonitor traffik lalu lintas di Jakarta, tentu luar biasa bukan?

lewatmana

LewatMana.com, portal komunitas pengguna jalan.

Belum banyak fitur yang tersedia, tapi Anda semua sudah bisa melihat kondisi traffik melalui snapshot gambar atau melalui klip video. Untuk memudahkan pengguna, Anda yang sudah terdaftar bisa membuat bookmark kamera favorit Anda (misal kamera-kamera yang berlokasi di jalan yang Anda lalui dari rumah ke kantor). Untuk menjadi pengguna lewatmana juga tidak susah. Anda bisa memanfaatkan akun facebook Anda (buat yang sudah punya, buat yang tidak punya pasti kurang gaul hahaha). Tinggal aktifkan lewat tombol facebook connect, maka Anda bisa menjadi anggota terdaftar di situs lewatmana.com, cara mendaftar biasa juga tersedia.

Buat pengguna twitter, Anda juga bisa mengikuti @lewatmana untuk mendapatkan informasi kondisi lalu lintas dari account twitter Anda. Selain mengikuti informasi, Anda juga bisa ikut berkontribusi melaporkan kondisi lalu lintas disekitar Anda melalui website lewatmana atau dari account twitter Anda.

Dan tentu saja tidak ketinggalan buat pengguna handphone (atau perangkat mobile lainnya), bisa mengakses halaman yang didesain khusus untuk kalangan ini di http://m.lewatmana.com. Pengguna Blackberry atau iPhone yang baru dirilis di Indonesia sepertinya tidak boleh melewatkan situs m.lewatmana.com (itulah gunanya blackberry atau iphone, buat dipake online kan hahaha).

Terakhir, sebelum menutup tulisan “berbau iklan ini”, server lewatmana ini menggunakan OS Ubuntu 8.04, dan pengembangannya juga dilakukan di Ubuntu (bahkan ada dua orang programmer yang pake gedit utk menulis kode aplikasi website ini, saya sendiri memilih pake Vim hahaha). Nanti saya coba tuliskan dibalik layar pengembangan website ini. Mungkin di postingan berikutnya.

Ditunggu kunjungannya ya :)

UPDATE, tulisan dari blog lain:
Kangen Jakarta? ke www.lewatmana.com aja!
LewatMana, Mencari Kesempatan Dalam Kemacetan
Lagi, Karya Anak Negri : BundaGaul.com dan LewatMana.com
Lewatmana.com

14 thoughts on “Memperkenalkan: LewatMana.com

  1. milisdad

    OO… ternyata kamu satu kantor dengan Ronald aka pradacv.
    Jika tidak salah OneHub dan Planet Terasi satu empunya :).
    Maaf kalo salah.

  2. cecep

    @milisdad: oh kenal dengan kangjeng raden mas daliman juga ya hehehe.

    oot dikit deh, yang mengadministrasi planet terasi kebetulan sekarang sedang bantu proyek di onehub, jadi jelas kan? :D

  3. Ria

    masak duluan aku yg nulis dibanding kamu?
    huhehehehehe….
    semangat belajar janggo nya ya? terus terus di tambahin kameranya klo perlu di atas rumah tetanggaku jadinya bisa liat rumahku setiap saat :D

  4. cecep

    @Ria: ya gpp, bagus kan. sebagai sahabat yang baik bantuin temennya :P

    iya harus lebih semangat lagi belajar django nya :D
    *ups ini harusnya di postingan berikutnya*

  5. cecep

    @rotyyu: nanti dibuat lebih kereeen lagi :D

    @Fikri: sip, thanks supportnya

    @adams: iya, sementara masih seputar jakarta. kita sudah ada rencana ekspansi ke luar jakarta, tapi ya tidak dalam waktu dekat ini :D

  6. xidea

    mantep mas…
    membantu org2 di jkt yang pengen pulang ke rumah- setidaknya bisa nunggu sampe agak `redah` dikit traffic-nya-
    tetap semangat

  7. ngadimin

    salah satu tujuan dari lewatmana.com adalah mendistribusikan traffik. misal, karena lihat dikamera satu posisi itu macet, maka dia pilih jalan lain.

    atau jika dikamera lihat macet, dia nunggu dulu agar macetnya sedikit reda.

    doakan saja, agar portal ini bisa lebih banyak mencakup daerah di jakarta (awalnya dipusatkan di jakarta dulu).

Comments are closed.