Periksa Gigi di Medistra

Panoramic X-Ray

Foto Gigi hasil Panoramic X-Ray (tapi ini bukan foto gigi saya ya...)

Ini cerita saya waktu kemarin sakit gigi. Saya termasuk bandel urusan penyakit yang satu ini. Mungkin saya termasuk yang takut ke dokter gigi. Buktinya seumur hidup saya yang hampir mencapai 30 tahun ini, baru ke dokter gigi dua kali.

Sekali pas sakit gigi dulu (sekitar dua tahun yang lalu, tahun 2007), ada bolong trus ditambal di puskesmas Mampang Prapatan. Kali kedua yang sekarang ini, ke dokter di RS Medistra. Kasus yang sekarang juga hampir sama ada bolong trus minta ditambal. Tapi karena sakit (ada bengkak), ya diobati dulu sakitnya.

Nah yang terakhir ini nih yang parah. Sudah sakitnya gak sembuh-sembuh, dan bolong nya sudah disana-sini. Akhirnya dengan sedikit terpaksa (terpaksa, karena saya perkirakan biaya utk perawatan gigi ini bakal mahal), saya berangkat ke RS Medistra, setelah sebelumnya saya bikin appointment (gaya ya istilahnya, oke saya ganti jadi janjian deh, via staff rumah sakit hehehe ) dengan dokter gigi disana.

Daftar sama seperti daftar pasien rawat jalan lainnya (kebetulan saya dulu pernah berobat jg di RS ini, jadi gak perlu ngisi data-data lagi). Saya lalu menuju lantai 4 di gedung B (gedung belakang). Sesampainya dilantai 4, saya tidak perlu menunggu lama, karena sudah bikin janji, jadi pas saya datang pasien sebelumnya sudah hampir selesai. Itulah enaknya kalau pakai sistem janjian dulu ;)

Setelah masuk ke ruang dokter, begitu diperiksa dokternya langsung bilang begini, “Mo ompong, atau mau sembuh? Kalau mo sembuh siapin waktu untuk bolak-balik ke sini minimal 4 s.d 5 kali”¬† Gubrak! Sebegitu parahnya kah… hahaha

Tahap pertama, saya minta di foto panoramic x-ray. Dikasih surat pengantar ke ruang radiologi, dan disuruh balik lagi ke dokter kalau foto sudah jadi. Proses fotonya cepet, dari awal foto s.d selesai gak nyampe 15 menit. Lalu saya balik lagi ke dokter sambil membawa hasil foto (contohnya ada di atas, foto yang saya punya gak dibawa balik).

Mesin utk foto Panoramic X-Ray

Ilustrasi waktu di foto. Lain kali saya minta difoto dulu deh pake hape saya... hahaha

Lagi-lagi dokternya bikin keder. “Hmm… 3 gigi sudah tamat riwayatnya. Harus dicabut!” Hehehe, jadi ompong beneran nih. Gila juga. Singkat cerita mulut saya diobok-obok sama dokternya. Langkah pertama tentu saja mengurangi efek sakit di gigi yang bolong itu. Entah gimana caranya, yg jelas gigi saya di bor. Lalu yang kedua gigi saya dibersihin dari karang gigi (udah menahun loh…). Gigi saya dicolok-colok (hahaha), trus di gerindra (eh itu nama partai ya hahaha).

Hasilnya? Bersih deh, dan rasanya  plong banget, walau pas makan rasanya jadi sedikit aneh.

Nah yang terakhir nih, biasanya pembaca pada penasaran berapa biaya yang dihabiskan untuk perawatan ini. Kurang lebih 900 ribu rupiah.

Rinciannya sebagai berikut:

  • 25 ribu untuk pendaftaran
  • 150 180 ribu utk foto gigi (panoramic x-ray)
  • 400 ribu utk bersihin karang gigi (scaling)
  • 150 ribu utk perawatan saluran akar gigi
  • sisanya buat beli obat

Dan menurut ukuran kantong saya sih mahal… dan ini belum periksa lanjutannya :D

41 thoughts on “Periksa Gigi di Medistra

  1. Ria

    huhahahaahahaha…
    lebih baik siap2 kan daripada kena 900 rb gitu
    3 bulan sekali ke dokter gigi a'
    gak akan ada ruginya kok :D

  2. Ria

    huhahahaahahaha…
    lebih baik siap2 kan daripada kena 900 rb gitu
    3 bulan sekali ke dokter gigi a'
    gak akan ada ruginya kok :D

  3. dikshie

    wah sama, saya juga sedang perawatan gigi.
    sudah 5 kali balikan ke dokter. min 10 kali sepertinya.
    memang gigi itu harus rutin diperiksa.

  4. dikshie

    wah sama, saya juga sedang perawatan gigi.
    sudah 5 kali balikan ke dokter. min 10 kali sepertinya.
    memang gigi itu harus rutin diperiksa.

  5. ngadimin

    betul sekali, harus rutin diperiksa. kalau sudah tahap akut spt saya ini, ya mau tidak mau harus meluangkan waktu utk periksa berulang-ulang :(

  6. ngadimin

    betul sekali, harus rutin diperiksa. kalau sudah tahap akut spt saya ini, ya mau tidak mau harus meluangkan waktu utk periksa berulang-ulang :(

  7. Kevin Pratama

    Murah lah bro, pan satu set perawatannya kan? hehehe…. drpada ntar kejadian kyk temen ik, yg meniggal gara2 giginya ga dirawat, infeksi sampe ke paru2.. 900rb is a small price to pay for healthiness :D

  8. Kevin Pratama

    Murah lah bro, pan satu set perawatannya kan? hehehe…. drpada ntar kejadian kyk temen ik, yg meniggal gara2 giginya ga dirawat, infeksi sampe ke paru2.. 900rb is a small price to pay for healthiness :D

  9. email

    FYI, Di RSUP Cipto Mangunkusumo Jl diponegoro no 71. telp 326368…dekat mesjid agung al azhar pusat bersihin karang cuma 100rb.,

  10. email

    FYI, Di RSUP Cipto Mangunkusumo Jl diponegoro no 71. telp 326368…dekat mesjid agung al azhar pusat bersihin karang cuma 100rb.,

  11. helen

    masih mending..gue baru root canal (perawatan akar gigi) di singapura… (gue tinggal disini). kena 2 gigi..total 21 JUTA

    Keder keder lo. Padahal gigi gue putih, bersih…infeksi aja dari dulu punya gigi bekas tambal

  12. helen

    masih mending..gue baru root canal (perawatan akar gigi) di singapura… (gue tinggal disini). kena 2 gigi..total 21 JUTA

    Keder keder lo. Padahal gigi gue putih, bersih…infeksi aja dari dulu punya gigi bekas tambal

  13. Bintangmungil

    Sya pikir ongkosnya too much lah. Mana alatnya tua bangka. Mungkin ke RSCM atau Moestopo jauh lebih affordable dan alatnya baru. Dokternya juga dosen semua, bukan amatiran. Menurut sya, siihhh

Comments are closed.