Penilaian Pribadi Seputar Pasangan Capres/Cawapres 2009

surat_suara

Surat Suara (foto diambil dari facebook, tanpa ijin)

Terus terang saya masih bingung dalam pemilu kali ini akan memilih siapa. Ini dikarenakan pasangan capres/cawapres yang ada tidak memuaskan buat saya. Saya coba bahas menurut pandangan subjektif saya pribadi.

Pasangan No. 1

Ibu Megawati, maaf ya Bu dari dulu saya sudah kurang sreg dengan gaya kepemimpinan Ibu. Mungkin gara-gara diamnya itu loh, jadi saya tidak tahu apa yang sedang Ibu pikirkan.

Pak Prabowo, sayang Anda tidak menjadi Capres. Kalau menjadi capres tentu suasananya menjadi sedikit berbeda, saya yakin dukungan untuk Anda akan lebih banyak, dan pertarungan pilpress bakal lebih seru. Bersanding dengan Ibu Mega, sedikit kurang menguntungkan buat Anda. Harusnya Anda mungkin bersanding dengan Mas Pram, Anda Capres, Mas Pram cawapres :D

Pasangan No. 2

Pak SBY, terus terang simpati saya terhadap Bapak sudah mulai berkurang jauh. Gaya kepemimpinan yang lambat, kebanyakan rapat sana-sini cenderung tidak efektif. Coba dipikirkan lagi deh, menaikkan harga BBM perlu waktu sampai satu bulan, dan selama itu pula harga-harga kebutuhan pokok terus merangkak naik. Trus efek lainnya, bensin dan solar hilang dari pasaran, karena orang tahu harga BBM akan naik dan ada waktu untuk menimbunnya, jadi berharap dapet untung dari situ.

Belum lagi kasus Blue Energy, Supertoy yang cenderung bikin wibawa Anda semakin turun. Coba dibereskan orang-orang disekitar Anda. Secara subjektif, saya juga kurang menyukai tim kampanye Anda sekarang, rada alergi terutama sama Pak Rizal Mallarangeng… entah kenapa.

Pak Budiono, saya cenderung oke dengan bapak yang satu ini. Saya yakin walau orang-orang mengatakan dia itu neolib atau apa, beliau tidak seperti itu. Kalau misalnya dia berpendapat proyek-proyek skala besar harusnya jangan diambil dari APBN/APBD, dan sebaiknya APBN dan APBD itu dipake utk bangun di daerah, itu kan neolib yang baik (subjektif saya sih).

Pasangan No. 3

Pak JK, Anda ini jagonya debat. Dari semua debat capres, saya kasih nilai A buat Anda (kayak dosen saja, hehe). Dan saya yakin kalau pemirsa yang lain juga objektif, pemenang dari semua debat adalah beliau ini. Jika capres lain cenderung gak menghibur, terlalu kaku, maka Pak JK inilah yang mencairkan suasana. Bisa Anda bayangkan kalau yang debat hanya Ibu Megawati sama Pak SBY, bisa-bisa cuma diem-dieman hahaha.

Yang saya suka dari beliau adalah gaya kepemimpinan yang spontanitas dan bersemangat. Slogan Lebih Cepat, Lebih Baik memang cocok buat beliau.

Tapi… ada yang saya kurang suka dari kampanye-kampanye Pak JK. Terlalu banyak janji loh Pak. Kalau ntar misalnya kepilih, uang untuk program-program itu dari mana? Soal gaya menyerang ke SBY, saya kadang setuju kadang tidak. Yang setujunya, mungkin dengan diserang secara frontal oleh Pak JK ini, Pak SBY bisa lebih berubah menjadi lebih cepat dan lebih baik :D

UPDATE: Saya juga kurang suka dengan protes berlebihan soal DPT. Sudahlah gak usah terlalu dibahas, dan minta pilpres ditunda segala. Maju, mo kalah mo menang hajar! Ini juga berlaku buat pasangan no. 1.

Pak Wiranto, hmm… Anda sedikit kurang beruntung. Walau sama-sama jendral, saya kira dukungan untuk Anda paling sedikit. Pak SBY tentu pemenangnya, kedua Pak Prabowo, ketiga baru Anda (ini itung-itungan dalam khayalan otak saya). Dalam debat-debat kemarin, saya melihat Anda lebih kalem dibanding Pak Prabowo, yang itu memang bagus ketika Anda bersanding dengan Pak JK yang cenderung lebih meledak-ledak. Yang saya gak suka dari Anda, partainya saja, Hanura. Ya lagi-lagi ini subjektif :D

* * *

So… nanti tanggal 8 Juli 2009, saya mau pilih siapa? Kecenderungan sudah ada. Saya lebih memilih Pasangan No. 3, tapi ini belum pasti. Saya masih mempertimbangkan untuk tidak memilih, jika pada saat itu hati saya berkata lain.

Seperti di tulisan saya sebelumnya, Indonesia memang harus siap dengan perubahan, termasuk salah satunya untuk tidak alergi dengan orang-orang yang cenderung memilih golput. Golput karena pilihan terbatas, yang seseringnya terpaksa harus memilih yang terbaik dari pilihan terjelek yang tersedia.

6 thoughts on “Penilaian Pribadi Seputar Pasangan Capres/Cawapres 2009

  1. siWi

    Pendukungnya JK ternyata :P

    Aku sih ga golput tapi ga ikutan nyontreng karena ga punya kartu pemilih :(

  2. M1R4

    Semoga aja ke depannya Indonesia bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berani membela demi kepentingan rakyat banyak bukan kepentingan segelintir orang. Good posting… Semoga hatinya mas tergerak untuk memilih. Kalo semuanya memilih golput, gimana kita bisa tau siapa yang berhak menjadi pemimpin Indonesia 5 tahun ke depan. Karena kalo bukan kita siapa lagi.
    Salam kenal ya mas… :D

  3. ngadimin

    Karena Sujiwo Tedjo saja sudah menentukan pilihan, maka saya jg akhirnya menentukan pilihan hehehe *terpengaruh iklan*

    Salam kenal juga, banyak denger ceritanya Mira dari Ria :D

Comments are closed.