Menghidupkan kembali Xserve G5 dengan Debian 5.0 PPC

Server ini sebelumnya terinstall Mac OSX server 10.3.9 Panther, tapi berhubung harddisknya rusak maka saya putuskan untuk instal ulang.

Sial bagi saya, optical drive nya rusak. Jadi CD installer untuk mac osx server pun tidak bisa dipakai lagi. Akhirnya saya putuskan untuk menginstall ulang menggunakan Linux. Pilihan pertama menggunakan Ubuntu Hardy dan diinstall dari network/netboot ke tftp server.

Sial kedua kali, installasi netboot via tftp tidak selancar yang saya bayangkan. Dicoba berkali-kali gagal, intinya yaboot vs tftp = banyak masalah :D

Dua kali sial, belum menyurutkan semangat saya untuk melakukan instalasi linux di Xserve G5 ini. Akhirnya ada yang menyarankan booting dari harddisk. Jadi harddisk di format dulu dengan Disk Utiliy di Mac OSX (kali ini saya beruntung, karena memiliki instalasi mac osx jadi-jadian di laptop saya). Pastikan format partisinya menggunakan apple partiion map.

apple_partition_map

Disk Utility - Format Partisi

Setelah itu salin berkas instalasi untuk netboot (salin semua berkas dari folder di mirror) ke partisi yang baru dibuat.

Hmm… mungkin Anda bertanya, kok jadi Debian PPC, bukannya tadi mau install Ubuntu Hardy? Alasannya gara-gara mirror di Indonesia. Ubuntu 8.04 PPC tidak ada yg bikinin mirrornya, rata-rata cuma i386 dan amd64. Jadi ya sudah install pake Debian 5.0 PPC saja :D

Oke, lanjut lagi. Sekarang di harddisk sudah ada berkas instalasi untuk netboot, langkah selanjutnya adalah memasukkan kembali harddisk ke Xserve. Lalu booting dan masuk ke Open Firmware.

Setelah masuk prompt, tinggal diketik seperti berikut:

boot hd:3,yaboot

Dan proses instalasi pun berlanjut seperti biasa.

8 thoughts on “Menghidupkan kembali Xserve G5 dengan Debian 5.0 PPC

Comments are closed.