Squid3: Crash Saat Mendownload File Besar

Yang saya maksud dengan file besar, adalah file dengan ukuran > 2GB. Terdeteksinya begini, saat ada user yang mendownload salah satu berkas iso dvd OpenSUSE, service squid3 selalu mati.

Dan pesan error yang muncul adalah:

assertion failed: stmem.cc:321: "candidate.offset >= 0"

Setelah ditelusuri di Internet, ini adalah bugs lama dan sudah solve di versi Squid3 STABLE3. Sayangnya versi squid3 yang tersedia di repository hardy adalah versi Squid3 STABLE1.

Akhirnya saya coba set sources.list ubuntu ke repositori Jaunty, lalu saya cek kalau saya instal squid dari repositori Jaunty, paket apa saja yang akan ter-upgrade. Setelah dilihat-lihat yang ter-upgrade hanya paket squid3 saja, saya langsung eksekusi saja. Dan hasilnya squid3 dari repo Jaunty terinstal sukses di Ubuntu Hardy ini.

PERINGATAN: Jangan ditiru, dan berhati-hatilah ketika menggunakan cross repositori di Ubuntu, bisa membuat instalasi linux Anda rusak.

Yang menjadi pertanyaan, kok masalah ini baru terdeteksi sekarang? Berarti selama ini user tidak pernah mendownload file > 2GB ya hehehe. Adminnya sih beberapa kali download iso DVD distro linux, tapi tidak pernah lewat proxy itu. Jadi masalah baru terdeteksi hari ini.

Case closed!

5 thoughts on “Squid3: Crash Saat Mendownload File Besar

  1. Vavai

    Sama dong :-) ,

    Kayaknya dimana-mana Admin begitu kali ya, "Hei, kamu pakai proxy dengan aturan ini dan itu, saya sih direct connection aza", hehehe…

Comments are closed.