Akses Internet SMART Putus Tiap 30 Detik

Dua hari ini, saya mendeteksi akses internet SMART mulai bermasalah. Akses web seperti biasa sih terasa normal. Masalah mulai muncul jika mendownload file, atau akses Yahoo Messenger, atau kalau saya sendiri akses ssh ke server selalu terputus. Dan setelah ditest, terputusnya itu tepat di detik ke-30.

Untuk Yahoo Messenger saya tidak bisa menghitungnya. Tapi untuk akses ssh mudah sekali bikin timernya. Pake perintah time saja.

time ssh hostname.server-saya.com

Lalu saya tunggu beberapa saat, dan setelah diskonek muncul tampilan seperti di bawah ini.

Read from remote host hostname.server-saya.com: Connection reset by peer
Connection to hostname.server-saya.com closed.

real	0m30.312s
user	0m0.018s
sys	0m0.007s

Sebelum Anda bertanya atau mengira ini adalah masalah di ssh server saya. Saya sudah pastikan bukan masalah konfigurasi idle atau timeout di ssh server. Saya juga mencobanya ke tiga network yang berbeda. Hasilnya sama saja, akses ssh terputus di detik ke-30.

Untuk yahoo messenger, juga sama. Setelah list temen saya muncul, yahoo messenger tiba-tiba diskonek lagi. Dugaan sementara sih, semua akses TCP mengalami gejala yang sama, terputus di detik ke-30.

Saya sudah mengirim email ke customercare@smart-telecom.co.id, sudah ada jawaban standar, “masalah sudah kami tindak lanjuti ke bagian yang terkait”. Tapi sampai dengan hari ini masalah ini masih tetap ada.

Mudah-mudahan bisa solve secepatnya, dan gak berakhir seperti kasus IndosatM2 yang bikin saya bener-bener merasa kesel. Sementara ini gak bisa berbuat apa-apa karena sudah terjebak kontrak satu tahun. Duh! :(

UPDATE: 12 Oktober 2009, malemnya saya coba akses internet. Akses ssh ataupun yahoo messenger tidak mengalami masalah putus-nyambung lagi. Koneksi lancar jaya. Tapi kalau lambat itu urusan lain ya hehe. Setidaknya putus pada detik ke-30 sudah tidak terjadi lagi.

53 thoughts on “Akses Internet SMART Putus Tiap 30 Detik

  1. Rapidolo

    duh smart kok nga bisa koneksi FTP ya?? uda 3 hari sengsara juga ane gara2 smart.
    senasib ane sama si akbar T_T

    jakarta mah pake fastnet aja bos, uda murah meriah… sayang ane di luar jangkauan fastnet *double cry

  2. Mayau

    smart emang emprettttt.

    koneksi mati seminggu, nelpon ke CS dapatnya CS yg bego pisan. gw bilang kalo dah 5 hari ini gak bs konek, CS nya jawab “ya Pak, ada problem di tempat kami (cari selamat apa emang dia juga dah empet sama manajemen Smart – blom gajian kali), dan akan ditindaklanjuti ke bagian teknis. kondisi tidak bs terkoneksi terjadi di semua area, bukan cuma Jakarta dan sekitarnya saja”

    kenapa gw bilang tuh CS bego banget, lha soalnya gw abis ngecek ke teman yg juga di jakarta, dan masih bs konek.

    gw bilang, nih gw dapat 4bar EVDO, cuma gak bs konek. tuh CS cuma jawab yang spt diatas.

    gw bilang lagi, “mas bukan lagi baca buku manual respon ke pelanggan kan?, apa saya yg lagi ngomong sama mesin? (asli eneg banget tuh)”

    baru setelah 2 hari kemudian (pas 7 hari), baru bs koneksi dan itupun masih putus nyambung.
    finally setelah bs konek, giliran gak bs pake FTP (mampus abis dah, mana musti presentasi ke klien).

    yang bilang internet pake Smart itu bagus, cuma ada 2 macam.
    1. dibayar sama Smart (entah karyawan atau apanya)
    2. orang gila (mau aja diboongin sama Smart yang hebat dalam lambat)

Comments are closed.