Python Development di Snow Leopard

Sudah beberapa bulan ini, saya beralih profesi. Dari tukang jaga server, jadi tukang ngetik kode. Yang jelas bukan kode buntut. Aplikasi yang dikembangkan, memakai framework Django, yang berarti pula menggunakan bahasa pemograman Python.

Berhubung baru saja upgrade harddisk dan sekalian merapikan instalasi Snow Leopard saya, jadi saya coba tuliskan apa yang saya install untuk pemograman python. Tentu sesuai dengan apa yang saya perlukan.

XCode

Hampir semua program dicompile manual. Jadi jelas saya membutuhkan paket compiler. Di Mac OSX disediakan di dalam satu paket besar XCode. Python & Subversion sudah termasuk di dalamnya. Artinya secara dasar sudah mencukupi untuk keperluan saya.

PIP, iPython dan VirtualEnv

Saya pakai PIP, iPython dan VirtualEnv. PIP katanya lebih baik dibandingkan easy_install. Menurut saya itu sih masalah selera saja hahaha (becanda ya… silahkan di google dulu perbandingan PIP vs Setuptools). Kemudian iPython jelas harus diinstall karena memudahkan pekerjaan. Ngetik code di python interactive console jadi lebih mudah dengan iPython.

Kalau menginstall iPython jangan lupa untuk menginstall modul readline. Python bawaan dari XCode katanya di link ke libedit (implementasi readline yg dipake Mac OSX). Dan entah bagaimana libedit ini sering bikin crash iPython. Saya beberapa kali mengalaminya saat saya mencoba melakukan tab completion. Solusi tersingkatnya ya override readline dengan modul readline yang tidak dilink ke libedit.

VirtualEnv adalah salah satu keperluan saya berikutnya. Paket ini mempermudah mengelola banyak proyek yang mungkin saja satu proyek dan lainnya membutuhkan environment yang berbeda. Misal proyek A, sudah berjalan dengan baik dengan Django versi 1.1 kalau di upgrade versi djangonya malah harus benerin banyak code misalnya, sedangkan proyek B membutuhkan Django versi 1.2. Nah, virtualenv bisa menyelesaikan masalah ini, karena bisa membuat dua lingkungan yang berbeda dan terpisah satu dan lainnya.

Ok. Singkat cerita yang harus di install adalah.

sudo easy_install pip
sudo easy_install readline
sudo pip install ipython
sudo pip install virtualenv
sudo pip install virtualenvwrapper

Yang terakhir saya install adalah paket yang mempermudah dalam mengelola virtualenv. Mungkin akan disambung dengan tulisan berikutnya. Mudah-mudahan masih semangat ngeblog lagi.

7 thoughts on “Python Development di Snow Leopard

    1. Anonymous

      MacPorts emang kadang nginstall paket jadi dobel-dobel. Perl sudah ada dari bawaan SL, malah diinstall lagi sama MacPorts.

      Sip, MacPorts sudah dibuang dan diganti dengan Homebrew.

    1. Ronny

      Sekarang gua pake automated deployment, tinggal click a button doang, nggak kuatir ada step yg ketinggalan.

  1. Laluabdulazizm

    Wah…saya perlu banyak belajar sama mas Mahbub neh…jujur saya masih pemula dalam bidang ilmu komputer tetapi memiliki minat dan kemauan yang besar untuk mempelajarinya. Mohon bimbingan mas-mas yang sudah senior untuk pencerahan

Comments are closed.