Tag Archives: lebaran

Saat Admin ikutan Mudik

Suasana Mudik. Gambar diambil dari kompas.com

Suasana Mudik. Gambar diambil dari kompas.com

Ya tentu saja, admin seperti karyawan lainnya berhak untuk mudik. Masalahnya kadang ada tuntutan agar layanan online yang disediakan oleh kantor, bisa tetep berfungsi dengan baik saat liburan ini. Di perusahaan besar yang sudah punya SOP yang baik, tentu tidak masalah. Semuanya pasti sudah diatur. Apalagi yang sudah punya jadwal piket 24 jam, tidak ada masalah tentunya.

Yang jadi masalah adalah admin kelas menengah ke bawah, dimana server-server disimpan di datacenter alakadarnya, tapi tetap ingin bisa berfungsi dengan baik saat ditinggal oleh kuncen atau penjaga server itu. Nah sebagai Admin kita harus mensiasati masalah ini, agar liburan tetap nyaman tanpa harus terganggu urusan server-server tadi.

Silakan baca TIPS: Persiapan Admin Sebelum Mudik. Kalau Anda punya tips lain, silakan juga share disana. Selamat mudik buat rekan-rekan Sys Admin :D

Hari Pertama Setelah Liburan Lebaran

Hari ini gw mulai masuk kantor lagi. Walaupun sebetulnya hari ini gw masih cuti, tapi berhubung yang direncanakan urung dilakukan, ya masuk kantor saja. Sekalian cek-cek kondisi server. Diluar itu semua mari kita tulis laporan pandangan mata seputar hari pertama masuk kerja (khususnya di kantor gw).

  • Jalanan depan kantor lancar. Jalan tol dalam kota juga lancar, bahkan cenderung sepi dari kendaraan yang lewat. Daerah lain gw gak tau, orang gw jalan kaki dari kostan ke kantornya :P
  • Yang masuk kantor baru sebagian saja. Indikatornya, lapangan parkir masih sepi.
  • Bank sudah mulai buka. Tadi gw ke BCA dan BNI, untungnya tidak ada antrian, jadi mo setor/narik bisa cepet.
  • Warung-warung masih pada tutup (sudah disurvey tadi pagi), untungnya kantin dibelakang sudah buka horeee.
  • Ada satu lagi berita baik buat gw, warung indomie rebus depan kost-kostan besok sudah mulai buka (tadi pagi ketemu sambil silaturahmi lebaran) hehe.
  • Siang ini gw mo keluar kantor, orang harusnya masih cuti kok. Gpp keluyuran dikit mah :))

Ok, segitu dulu deh. Besok sepertinya sudah mulai rame, tapi biasanya semuanya kembali normal tuh minggu depan.

Mudik dan Lebaran

Setiap menjelang lebaran, pasti ada satu kebiasaan yang seolah menjadi kewajiban bagi semua penduduk di Indonesia, baik muslim atau bukan, yaitu mudik. Mungkin karena waktunya yang memberikan liburan/cuti bersama yang lumayan panjang.

Tentu saja, saya juga ikut-ikutan mudik. Tepatnya takut dikutuk kalau tidak mudik, soalnya tidak ada yang bisa dijadikan alasan untuk tidak mudik hehe. Seperti biasa, mudik bawa beberapa baju untuk salin dan untuk sekarang saya bawa obat sebagai jaga-jaga. Karena sudah terbiasa di Jakarta, ketika pulang ke Garut suka kedinginan dan batuk-batuk :(

Oh iya, pemerintah sudah memutuskan melalui sidang itsbat kalau 1 Syawal 1429 H jatuh pada hari Rabu besok. Dan seperti biasa menjelang lebaran, sudah mulai masuk SMS ucapan mohon maaf lahir batin/selamat hari raya.

Berikut saya kutip SMS yang sudah masuk…

Continue reading

Menu Setelah Hari Raya

lalapan.jpg

Lalapan (selada air + satu lagi gw lupa tespong), sambel oncom, goreng tahu-tempe, dan satu lagi yang nggak masuk di foto ini, goreng ikan asin. Yummy :)

Gampang kan ngasih makan gw. Cukup kasih lalapan + sambel yang pas, udah bisa makan. Kalau kata kakak-kakak gw kek kambing :P

Btw, sekarang sekali makan bisa nambah nasi terus lebih dari sekali. Mana pagi makan, siang makan, sore makan, malem makan. Ngemil juga blom dihitung. Nambah berapa kilo ya pulang dari Garut?

Lebaran Hari Pertama

Seperti biasa sholat sunat di lapangan. Abis itu kumpul di rumah utk sungkeman (sebetulnya nggak sungkeman kek tradisi di jawa ya). Lalu jalan ke rumah nenek. Nggak lama, jam 11 siang udah balik lagi di rumah.

Tapi mungkin karena pembawaan cape dihari sebelumnya sehabis pulang ke rumah lagi gw langsung ketiduran. Mungkin gara-gara malemnya jg gw tidur jam 2 pagi. Ngerjain kerjaan kantor, ya nggak ada paksaan utk ngerjain. Gw nya aja lagi rajin beres-beres. Hehe

Btw, mudik kemarin lancar abis. Awalnya gw mo naik bis, tapi akhirnya dijemput jg sama kakak gw. Perjalanan Jakarta-Garut cuma ditempuh dalam 3 jam. Cipularang, nagrek semuanya lancar. Alhamdulillah. Satu mungkin yang sedikit berkesan. Saat di tol satu client gw minta direset servernya. Akhirnya gw coba buka laptop trusk konek via GPRS XL. Dengan kecepatan mobil saat itu ~130km/jam. Gw masih lancar2 saja konek ke server, dan akhirnya bisa ngerestart aplikasi yang diminta.

Sorry, no skrinsut. Pas ke lapangan, lupa nggak bawa hp :D

Met Lebaran Semuanya

Berhubung sore ini sudah disuruh pulang sama pemilik gedung (padahal kalau mo pulang sore jg gpp, hehe). Gw posting aja tulisan ini. Takutnya ntar malah nggak sempet nulis sama sekali. Selamat mudik buat yang mudik, selamat bekerja buat yang masih kerja jg (ngelembur ya?), selamat lebaran buat semua.

Gw sendiri mo mudik besok sore. Kalau lebarannya jadi besok, berarti gw Ied di Jakarta hehe. Kalau lebarannya sabtu, berarti malam takbiran gw masih dijalan. Yah begini lah nasib. Gw sih niatnya bukan ikut-ikutan tradisi mudik, tapi untuk silaturahmi ke kedua orang tua (percaya dunk utk yg ini mah).

Ok, biar tambah afdol gw kasih lirik lagu Tasya nih. Judulnya Ketupat Lebaran

Ketupat lebaran dengan sayap opor ayam
Disantap sepulang dari shalat idul fitri
Untuk kakek dan nenek, tetangga, sahabat
Senangnya, Subhanallah sungguh nikmat

Ketupat lebaran dengan sambal goreng hati
Tersedia di meja sepulang dari shalat
Memang sedap dan enak dan gurih
Cobalah ketupat, Alhamdulillah sungguh nikmat

Nananananananana nanananananana nananana
Ketupat lebaran
Nananananananana nanananananana nananana
Ketupat lebaran

opor-ayam.jpg

Yummy. Emang ketupat + opor ayam adalah kombinasi yang pas. Hehehe :D