Category Archives: Berbagi Tautan

Ubuntu 10.04 LTS – Lucid Lynx sudah dirilis

Sekedar meramaikan saja, informasi yang mungkin sudah Anda ketahui. Yang dinanti-nanti Ubuntu 10.04 LTS – Lucid Lynx sudah resmi dirilis. Silakan baca informasi rilis dan catatan rilis.

Untuk pengguna internet Indonesia, dl2.foss-id.web.id sudah menyediakan iso lengkap untuk semua edisi (Desktop, Netbook atau pun Server). Mirror lain sepertinya tinggal menunggu waktu saja. Informasi mirror lokal ini saya rangkumkan di halaman mirror lokal Ubuntu.

Ada bugs yang ditemukan di saat-saat terakhir sebelum rilis, seperti yang tertulis di incident report wiki Ubuntu.

We had a late discovery of GRUB bootloader bug affecting dual-boot users of Ubuntu. When installing in a dual-boot environment, the other operating system will not appear at first in the GRUB menu. Installing the available updates and rebooting will fix this issue. However, it was determined the day of the release that this is not an optimal solution for new users or those not connected to the Internet.

Saya belum mencoba, apakah iso installer yang sudah masuk ke mirror dl2.foss-id.web.id masih memiliki bugs ini atau tidak.

Pilih Mana, Berbagi Informasi Mudik melalui Facebook atau Twitter?

Berbagi informasi mudik via update status di Facebook

Sepertinya tanpa perlu dikomando lagi, proses sharing informasi mudik ini akan muncul dengan sendirinya di status-status pengguna facebook. Apalagi saat situasi lagi macet gak karu-karuan, cara terbaik untuk membunuh kepenatan ya dengan mainan facebook hahaha.

Sayangnya informasi yang disampaikan di status facebook ini, hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang sudah terhubung sebagai teman si pengupdate status tadi. Jadinya proses penyebaran informasi arus lalu lintas akan cenderung tertutup, dan terbatas. Tapi akan terasa lebih personal karena yang menanggapinya juga adalah sahabat atau teman-teman dari si pengirim berita.

Berbagi informasi mudik via twitter

Twitter juga di musim mudik kali ini bakal dibanjiri informasi seputar arus mudik. Apalagi sekarang twitter mulai populer di kalangan pengguna internet di Indonesia. Jadi twitter layak untuk diperhitungkan sebagai sarana berbagi informasi mudik.

Untuk proses penyebaran informasi, twitter sepertinya lebih unggul dibanding facebook. Karena twitter cenderung lebih terbuka (kecuali yang bikin private profile ya). Apalagi dengan semakin banyaknya penyedia simpul informasi. Informasi bisa tersebar dengan lebih cepat lagi, karena dengan mengirim informasi ke simpul informasi tadi, berita itu selain akan sampai ke follower si penulis berita, juga akan sampai ke ribuan follower si simpul informasi tadi.

Continue reading

Saat Admin ikutan Mudik

Suasana Mudik. Gambar diambil dari kompas.com

Suasana Mudik. Gambar diambil dari kompas.com

Ya tentu saja, admin seperti karyawan lainnya berhak untuk mudik. Masalahnya kadang ada tuntutan agar layanan online yang disediakan oleh kantor, bisa tetep berfungsi dengan baik saat liburan ini. Di perusahaan besar yang sudah punya SOP yang baik, tentu tidak masalah. Semuanya pasti sudah diatur. Apalagi yang sudah punya jadwal piket 24 jam, tidak ada masalah tentunya.

Yang jadi masalah adalah admin kelas menengah ke bawah, dimana server-server disimpan di datacenter alakadarnya, tapi tetap ingin bisa berfungsi dengan baik saat ditinggal oleh kuncen atau penjaga server itu. Nah sebagai Admin kita harus mensiasati masalah ini, agar liburan tetap nyaman tanpa harus terganggu urusan server-server tadi.

Silakan baca TIPS: Persiapan Admin Sebelum Mudik. Kalau Anda punya tips lain, silakan juga share disana. Selamat mudik buat rekan-rekan Sys Admin :D

Mbah Surip dan Media yang Memanfaatkannya

“Tapi sekarang Mbah Surip sudah menjadi industri. Dia sudah menjadi ‘budak’ yg bikin orang makmur. Bayangkan tivi-tivi memanfaatkan dia, sehari bisa 6 episode. Dan mereka gak pernah mau tahu kalau Mbah Surip sudah tua dan masih menggunakan motor ke mana-mana,” tegas Bertha lagi.

Kini Bertha mengaku miris melihat Mbah Surip yang tumbang di masa kejayaannya. “Akhirnya ia diperas habis-habisan. Saat ini saya dalam kesedihan mutlak,” imbuhnya lagi.

Sumber: detik.com

Saya sangat setuju dengan pendapatnya Mbak Bertha, dan memang begitulah dunia pertelevisian di Indonesia :(

Joki Tergiur Rp 30 Juta, Kuliah Pun Sirna…

BANDUNG, KOMPAS.com — IS (18) menuruni tangga dengan langkah gontai begitu keluar dari ruangan sidang. Sesekali tangan kirinya meremas dada sebelah kanannya, seolah menahan sesak yang luar biasa.

Rekomendasi yang dikeluarkan dari kampus yang dihasilkan oleh Komisi Penegakan Norma Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB) terhadap dirinya dan 10 rekannya pada sore hari itu mungkin terasa sangat berat baginya.

IS, mahasiswa Teknik Kimia ITB ini, adalah satu dari 14 mahasiswa ITB yang terlibat dalam sindikat perjokian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dia tertangkap basah saat melakukan tindakan tidak terpuji ini di Makassar, Sulawesi Selatan, awal Juli 2009 lalu.

Itu adalah kutipan dari sebuah berita di Kompas hari ini.

Dan kutipan berikutnya adalah:

Widyo Nugroho pun meminta Forum Rektor Indonesia mendaftarhitamkan para mahasiswa ini. Mereka tidak diberi kesempatan lagi kuliah di universitas yang lain.

Hmm… kok ITB, khususnya Pak Widyo Nugroho terkesan emosional dalam menangani kasus ini. Saya kira DO sudah merupakan hukuman terberat buat mereka. Janganlah ditambah dengan embel-embel blacklist, sehingga mereka kehilangan hak untuk melanjutkan kuliah ditempat lain. Itu namanya menghukum dengan menghilangkan masa depan mereka.

Yang menjadi pertanyaan, sekarang forum rektor berani tidak memblacklist orang tua & anak pelaku perjokian itu. Mereka juga kan terlibat dalam kasus ini. Hayoooo… :D

Artikel pilihan: Zimbra, DNS dan OpenSSH

Tidak terasa blog yang saya khususkan untuk tulisan seputar sisadmin, sudah berjalan selama satu bulan. Belum banyak tulisan yang dibuat, kira-kira baru ada 26 yang dipublish.

Dari 26 artikel itu, 5 diantaranya adalah tips singkat, yang saya coba tulis tiap hari senin (jadi sudah ada 5 senin). Dan sisanya adalah tutorial yang beberapa saya buat ber-seri.

Secara pribadi, saya lebih suka menulis di wiki. Saya tidak perlu pusing dalam mengatur tampilan. Jadi kalau menulis artikel panjang, saya lebih mudah menuliskannya di wiki. Sayangnya wiki tidak google friendly. Jadi kadang artikel yang baik (menurut saya loh), terpendam saja disana tidak ada yang baca. Beda dengan blog yang sepertinya lebih disukai oleh google.

Nah masalahnya, kalau menulis artikel yang panjang di blog bisa cape ngeditnya. Makanya saya mencoba mencari plugin yang bisa memisah-misah artikel itu ke dalam beberapa bagian, tapi bisa saling bertautan. Jadilah konsep Seri Tutorial.

Ok, ini dia daftar artikel pilihan. Maaf kalau isinya cuma itu-itu saja, karena memang ilmu saya juga ya cuma itu-itu saja :D

Server Email dengan Zimbra

DNS Server dengan Bind9

Seri Tutorial OpenSSH

Kalaulah saya bisa berhasil menulis rutin satu hari satu tulisan/artikel, satu tahun bisa 365 artikel ya hehehe. Bisa jadi buku beratus-ratus halaman tuh :P

Doakan saya ya, agar bisa terus semangat menulis.

Zimbra: Critical Security Issue

Baru saja berkunjung ke website zimbra, ternyata ada masalah serius terkait dengan keamanan instalasi zimbra. Semua versi baik 4.x, 5.x (versi < 5.0.18) dan 6.x beta, semuanya memiliki celah keamanan ini. Saya kutip sebagian.

Zimbra has been made aware of a potentially critical security vulnerability in Zimbra Collaboration Suite. All released versions of ZCS Network Edition & Open Source Edition are impacted

This vulnerability allows unauthorized, remote access to files that are readable by the “zimbra user” account on the ZCS Mailbox Server (also known as mailbox service, or “mailboxd”; “tomcat” on 4.5 versions and earlier).

Update terbaru untuk mengatasi bugs ini belum ada, tapi zimbra menyediakan patch yang bisa diinstal di semua versi tanpa harus melakukan upgrade versi dulu.

Silakan ikuti cara-caranya di forum zimbra. Saya sendiri mau mengupdate/patch server saya nanti malam sudah mengupdate instalasi zimbra di server saya :D

Update 12 Juli 2009, mirror utk versi 5.0.18