Category Archives: Blog

Reset…

Sudah bosan dengan themes yang lama dan belum kepikiran untuk mencari themes baru. Maka diputuskanlah memakai themes default dari WordPress versi 3.x.

Selain themes yang direset, bagian komentar juga di reset. Ganti plugin dari IntenseDebate ke Disqus. Dan karena malas melakukan import komentar dari sistem yang lama, maka sebagian besar tulisan di blog ini harusnya berisikan nol komentar (selain tentunya memang ada beberapa tulisan yg sebelumnya juga tidak ada komentarnya, maklum bukan seleb blog).

Reset… semoga dengan tulisan ini, bisa muncul tulisan berikutnya.

Pasang Plugin SimplyExclude

Baru saja pasang plugin SimplyExclude di blog ini. Tujuannya sederhana, saya ingin membuang postingan yang nggak penting dari Feed RSS.

Terkadang saya hanya ingin memposting sesuatu yang gak berguna atau mungkin terkesan nyampah (sumpah serapah misalnya hehe), tapi saya tidak ingin mengganggu pembaca blog yang sudah berlangganan Feed RSS dari blog saya dengan tulisan yang gak penting itu.

Nah, SimplyExclude ini bisa diset untuk meng exclude postingan berdasarkan kategori, tag, atau penulisnya. Yang saya pilih adalah menggunakan tag, karena saya pikir tag adalah cara yang paling fleksibel untuk keperluan saya. Dan saya sudah mencobanya, berhasil memposting tulisan baru, dan tulisan itu tidak muncul di feed rss saya. Artinya misi saya sukses.

Ok, sekarang siap-siap memposting puisi gombal, lirik lagu melankolis dan postingan curhat. Tentunya memposting foto narsis tidak termasuk, karena saya tau diri, tampang saya paspasan hahaha :P

Upgrade ke WordPress 2.7

Setelah menimbang-nimbang, trus lagi kurang kerjaan juga, akhirnya malam ini diputuskan untuk melakukan upgrade ke wordpress 2.7.  Proses upgradenya cepet banget dan gak susah. Kalau gak percaya coba sendiri ya :D

Dan tulisan tidak penting ini adalah tulisan pertama di wordpress 2.7! :D

Pentingnya Offline Backup

Salah satu website/wiki favorit saya, gentoo-wiki.com sekarang kehilangan kontennya. Menurut cerita databasenya bermasalah, dan yang menjadi masalah utama berkas backup yang akan di restore tersimpan di satu mesin yang tidak bisa mereka akses lagi (setidaknya dalam waktu dekat ini). Saya kutip ceritanya:

Our servers were hosted by Skiplink, Skiplink in turn were housed by TelX. TelX accused Skiplink of not paying the bills and locked Skiplink out of the building and shut off the power to the servers. The servers are still there, with my backups. We dont feel we will be able to get this data back in a timely manner, so we have started again. We will be getting it back eventually at which point I will create a copy of it for copying to this new wiki.

Cerita ini mengingatkan kita akan pentingnya offline backup, dan jangan sepenuhnya bergantung kepada backup yang disediakan oleh ISP atau webhosting. Jadi inget wiki saya yang jarang di backup :D

Upgrade Lagi ke 2.6.3

Entahlah, apakah ini termasuk kebiasaan bagus atau malah bikin nyebelin. WordPress paling demen buat rilis versi terbaru. Ya walaupun sekarang sudah menggunakan plugin WP Auto Upgrade, tapi tetep saja perlu klak-klik untuk upgrade.

Ya ini sih pilihan, males-malesan dan biarkan wordpress tidak di patch. Atau sedikit klak-klik untuk memastikan versi wordpress yang saya gunakan sudah terupdate. Lama-lama jadi kepikiran hosting di wordpress.com saja, nggak repot!

Ah… harus ngitung2 budget dulu nih.

*lihat-lihat isi dompet*