Category Archives: Wiki

Instalasi Apache suExec PHP FastCGI di Debian

Di lingkungan server shared hosting biasanya php dijalankan via suExec. Ada beberapa keuntungan ketika menjalankan php via suExec dan bukan lewat mod-php ketika Anda berbicara tentang shared hosting.

Pertama, skrip php bisa dijalankan sebagai user yang berbeda-beda untuk setiap virtualhost. Jadi setiap virtualhost bisa kita alokasikan satu user khusus untuk menjalankan skrip php-nya.

Kedua, karena skrip php bisa dijalankan sebagai user yang berbeda-beda untuk tiap virtualhost, kita bisa samakan user yang menjalankan skrip php tersebut dengan user yang biasa mengupload file via ftp (utk keperluan hosting tersebut). Dengan cara ini user tidak perlu repot lagi memikirkan masalah hak akses file ketika menginstall aplikasi php. Karena skrip php tersebut sudah bisa mengakses semua file milik user tsb.

Tapi suExec bukanlah solusi sempurna. Berdasarkan benchmark, menjalankan php via suExec cenderung lebih lambat bila dibandingkan menjalankan php via mod-php. Jadi kalau memang servernya tidak ditujukan untuk shared hosting, menggunakan mod-php lebih disarankan.

Untuk catatan teknis instalasi, saya sudah catat di wiki: Instalasi Apache suExec PHP FastCGI di Debian.

Panduan Fedora 10 (artikel baru di wiki)

Selama beberapa hari ini saya ‘selingkuh’ dari Ubuntu untuk sekedar mencoba rilis terbaru fedora. Sekalian pengen refresh informasi seputar distro yang dulu pernah saya pakai juga. Dan seperti biasa, untuk mendokumentasikan apa yang pernah saya kerjakan diĀ  fedora ini, saya catat di wiki. Biar tidak lupa, sekalian share informasi buat pengguna yang lain juga.

Ok, silahkan yang mau lihat-lihat, Panduan Fedora 10 di wiki saya. Seperti biasa tidak lengkap, tapi seiring berjalannya waktu akan terus diupdate (jika sempet dan ada mood hehe).

Instalasi Nginx Dari Source di Ubuntu Hardy

Akhirnya saya ikut-ikutan juga ingin mencoba aplikasi nginx (baca: engine-x), sebuah webserver yang sangat ringan (katanya sih, jadi silahkan Anda buktikan sendiri). Sebetulnya selain sebagai pelayan web, nginx ini bisa digunakan sebagai proxy utk aplikasi smtp, pop atau imap, load balancer, atau web accelerator.

Ok, lupakan intro di atas. Saya akhirnya memutuskan untuk mencoba menginstal aplikasi ini. Tapi setelah dilihat-lihat ternyata versi yang tersedia di repo Ubuntu Hardy saya, tergolong sudah tua. Buktinya di website nginx, versi ini sudah digolongkan sebagai rilis legacy.

Karena alasan di atas itulah, saya jadinya lebih memilih instal dari source dengan mengambil berkas sumber dari web nginx, dikompail dan diinstal. Beruntung sekali, slicehost sudah menyediakan beberapa artikel tentang instalasi nginx di Ubuntu.

Dan seperti biasa, jika lagi iseng dan tidak ada kerjaan, saya buatkan tulisan versi saya sendiri di wiki. Mudah-mudahan berguna :)

Tutorial Instalasi Cacti di Ubuntu

Untuk tutorial kali ini agak spesial. Karena selain tulisan di wiki seperti biasa yang saya tulis, saya sertakan video yang menunjukkan tahap demi tahap instalasi cacti di Ubuntu Hardy Heron.

Video Tutorial, saya bagi jadi beberapa bagian:

Instalasi Cacti di Ubuntu – bag0 – Intro
Instalasi Cacti di Ubuntu – bag1 – Instalasi LAMP
Instalasi Cacti di Ubuntu – bag2 – Instalasi Cacti
Instalasi Cacti di Ubuntu – bag3 – Monitoring Linux Server

Catatan: Karena aplikasi gtk-recordmydesktop saya tidak berhasil merekam suara (saya masih mencoba otak-atik lagi), video tutorial kali ini saya lakukan di desktop windows xp (original), menggunakan aplikasi camtasia (tidak berlisensi resmi hehe).

Instalasi OpenVZ di Ubuntu Hardy Heron

Sekarang mari kita perkaya eksplorasi dunia virtualisasi di Linux. Setelah sebelumnya saya menuliskan tentang instalasi VMware, linux-vserver sekarang saatnya mengeksplor OpenVZ.

OpenVZ sendiri memiliki banyak kemiripan dengan linux-vserver. OpenVZ adalah teknologi open source yang dulunya dikembangkan dari aplikasi Virtuozzo yang sebagian kodenya dirilis ke publik secara opensource. Sekarang openvz digunakan sebagai basis parallels virtuozzo.

Silahkan baca Instalasi OpenVZ di Ubuntu 8.04 Hardy Heron (sebetulnya tulisan ini banyak mengadaptasi dari tulisan di wiki ubuntu). Tapi mudah-mudahan bisa lebih memperjelas proses instalasi dan administrasi openvz di Ubuntu.

Panduan Ubuntu 8.04 – Hardy Heron

Tulisan ini ada di wiki saya. Sebuah catatan rintisan panduan singkat membangun komputer desktop berbasiskan Ubuntu 8.04 LTS. Sebetulnya sudah ditulis beberapa waktu lalu, tapi di awal tulisannya masih sangat minim.

Mudah-mudahan bisa berkembang tulisannya, sesuai dengan apa yang saya lakukan di desktop ubuntu saya. Dengan catatan, kalau ada semangat untuk mencatatkannya di wiki :D

Silahkan langsung menuju ke Panduan Ubuntu 8.04 – Hardy Heron